by

Lima Tersangka Pengedar Sabu Diamankan Satresnarkoba Polres Lamandau

-Hukam-127 views

Koranpemberitaankorupsi.com | Lamandau/Kalteng – Jajaran Satresnarkoba Polres Lamandau Polda Kalteng kembali menggagalkan peredaran narkotika lintas provinsi dengan menangkap lima orang tersangka serta barang bukti berupa narkoba golongan I bukan tanaman jenis sabu dengan berat total 567,08 (Lima ratus enam puluh tujuh koma nol delapan). Sabtu (14/5/2022) malam.

Kapolres Lamandau AKBP Arif Budi Purnomo, S.I.K., M.H. dalam Press Conference yang dilaksanakan di aula Satryo Pambudi Luhur Satreskrim Polres Lamandau, Selasa (17/5/2022) sekitar Pukul 08.00 Wib, mengatakan bahwa tersangka berhasil diringkus setelah dilakukan penyelidikan berdasarkan informasi dari masyarakat bahwa ada 1 (satu) Unit R4 merek Daihatsu Sigra Warna silver dari Prop. Kalimantan Barat menuju Kab. Lamandau Kalteng diduga sedang menguasai narkotika.

“Mendapatkan informasi tersebut, Satresnarkoba dan Personel gabungan langsung melaksanakan kegiatan penyelidikan dan berhasil mengamankan kendaraan roda empat tersebut beserta dua orang laki-laki dewasa dengan inisial SY (48) dan IS (35) di Jalan Lintas Trans Kalimantan, tepatnya di kilometer delapan belas Kecamatan Bulik Kabupaten Lamandau. Pada saat dilakukan penggeledahan, ditemukan didalam mobil tersebut yaitu 5 (lima) bungkus plastik klip berisi butiran kristal yang diduga narkotika jenis sabu,” Ungkap Kapolres.

Dari tangan tersangka petugas berhasil mengamankan narkotika jenis sabu dengan berat kotor 498,76 (Empat ratus Sembilan puluh delapan koma tujuh enam ) gram berikut barang bukti lain berupa satu buah tas peralatan mobil warna hitam, satu gumpalan lakban warna hitam, dua buah handphone (gawai) dan satu unit kendaraan roda empat merk Daihatsu Sigra.

Di tempat yang sama Personel Satresnarkoba melanjutkan kegiatan penyelidikan dan menghentikan 1 (satu) unit mobil Toyota Inova di lakukan pemeriksaan terhadap barang barang yang ada di dalam mobil, tetaptnya di bawah kap dalam kotak sekring di dapati satu bungkusan plastic klip di duga Sabu, selanjutnya di lakukan introgasi kepada tiga orang yang berada di dalam mobil dengan inisal EK (29), DS (28) dan BB (22) bahwa barang tersebut adalah sabu, Terang Kapolres.

Dari penangkapan yang kedua di amankan barang bukti berupa narkotika jenis sabu dengan berat kotor 68,32 (Enam puluh Delapan koma tiga dua) gram dan barang bukti lain berupa satu buah gumlan tissue warna putih, satu potongan kantong plastic warna hitam, empat buah handphone (gawai) dan satu unit kendaraan roda empat merk Toyota Inova.

Kapolres menyebut bahwa Narkotika di duga jenis sabu total 567,08 (Lima ratus enam puluh tujuh koma nol delapan) gram tersebut oleh para tersangka akan di edarkan di daerah Kabupaten Kotawaringain Barat Pangkalan Bun.

“Saat ini tersangka berikut barang bukti telah diamankan di kantor Satresnarkoba Polres Lamandau guna dilakukan proses penyidikan lebih lanjut.” Terang Kapolres.

Atas perbuatannya tersangka dapat dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) atau pasal 112 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana hukuman mati atau pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 6 (enam) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun,” pungkasnya. Wartawan:Awi