by

Polsek Pangkalan Banteng Laksanakan Giat Pengendalian PMK Pada Hewan Sapi

-Berita-19 views

Koranpemberitaankorupsi.com | Kobar/Kalteng – Guna mencegah penyebaran penyakit mulut dan kaki yang menyerang pada hewan yang berkuku belah sehingga bisa mengakibatkan penurunan ekonomi, Polsek Pangkalan Banteng jajaran Polres Kobar, Polda Kalteng melaksanakan giat sosialisasi pengendalian Penyakit Mulut dan Kaki (PMK), selasa (17/05/2022)

Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono, S. H S. I. K., M. Si melalui Kapolsek Pangkalan Banteng IPTU Faisal Firman Gani, S. T. K., S. I. K menyampaikan, sehubungan dengan adanya wabah Mulut dan Kaki yang menyerang ternak sapi di provinsi Jawa Timur dan adanya laporan suspek PMK di desa Baru, kecamatan Arut Utara, kabupaten Kotawaringin Barat yang telah terkonfirmasi positif melalui surat Kepala Pusat Veterinaria Farma (Pusvetma) no. 11006/ PK. 310/F4.H/05/2022 tanggal 11 mei 2022 sehingga daerah tersebut di nyatakan daerah tertular PMK, kamipun melaksanakan giat sosialisasi pengendalian penyakit Mulut dan Kaki (PMK) kepada pengusaha ternak, terang Faisal.

Kami menghimbau kepada pengusaha ternak sapi agar selalu waspada dan antisipasi dalam melakukan transaksi jual beli guna mencegah penularan penyakit PMK sehingga bisa menimbulkan kerugian ekonomi yang cukup tinggi akibat penurunan produksi dan menjadi hambatan dalam perdagangan hewan serta produk hewan yang di hasilkan, tambah Faisal.

Untuk upaya pengendalian penularan penyakit mulut dan kaki ini, kita bisa melakukan pembatasan (lockdown zonasi) hewan dan produk hewan keluar dari daerah tertular menuju daerah bebas, melarang pemasukan/perdagangan/jual beli ternak seperti sapi, kerbau, kambing, domba dan babi dari wilayah yang sedang ada kasus dugaan PMK, menutup sementara area kejadian dan lingkungan sekitarnya untuk mencegah penyebaran yang lebih luas ke kandang dan peternakan lainnya dan apabila ada ternak yang di duga terkonfirmasi positif PMK agar segera melaporkannya ke instansi terkait, tutupnya.

Dalam kegiatan sosialisasi pengendalian penyakit Mulut dan Kaki ini di hadiri juga Wakapolsek Pangkalan Banteng IPTU Endro Wardoyo, Koordinator BPP,Perwakilan Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan kabupaten Kobar, Drh Lilis dari dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kobar serta para peternak se kecamatan Pangkalan Banteng,giat inipun berjalan dengan lancar dan dalam keadaan aman, tertib serta kondusif. Wartawan:L/R