by

Kejari Garut Panggil Kades Cintamanik Terkait Dugaan Penyelewengan Anggaran

-Hukam-303 views

Koranpemberitaankorupsi.com | Garut – Selasa,26/4/2022 Sebelumnya viral dipemberitaan dan tayangan Vidio di medsos, bahwa pemerintah desa Cintamanik kecamatan Karangtengah kabupaten Garut, diduga lakukan penyelewengan anggaran yang bersumber dari dana desa dan alokasi dana desa pada tahun anggaran 2021.

Awalnya Kades Cintamanik (Cecep Supriyadi) menyatakan bahwa anggaran yang diperuntukan membayar BLT DD untuk 105 KPM, selama 3 bulan dipakai oleh bendahara untuk kepentingan pribadi, dan menyatakan bahwa bendahara desa mencairkan dana tersebut tanpa sepengetahua kepala desa. Bukan hanya dana BLT DD yang digunakan oleh bendahara desa Cintamanik, bahkan anggaran untuk insentif RT/RW dan kegiatan posyandu juga ikut terpakai.

Namun hal tersebut dibantah dengan tegas oleh bendahara desa Cintamanik (CN) diakui olehnya, bahwa benar anggaran tersebut ia gunakan untuk usaha online, walaupun akhirnya tertipu, namun CN bertanggung jawab dan mempunyai itikad baik dengan diserahkannya aset keluarga yang berupa sertifikat sebidang tanah, yang diatasnya berdiri bangunan kandang ayam, dan jika ditaksir harganya mencapai Rp.300.000.000, sedangkan duit desa yang dipergunakan sebesar lebih kurang rp.180.000.000.

Akhirnya saling tudingpun terjadi antara kades dan bendahara desa Cintamanik, hingga ramai dan viral di pemberitaan media cetak maupun online. Selanjutnya menyikapi adanya persoalan di desa tersebut, salah satu LSM melakukan pengaduan ke Kejari Garut, dan sebagai institusi penegak hukum Kejari Garut terlebih dahulu melakukan telaah atas delik yang disampaikan oleh salah satu LSM tersebut,, tepatnya hari Senin,25/4/2022 Kejari garut mulai melakukan pemanggilan terhadap kepala desa Cintamanik (CS) dan berdasarkan surat yang ditanda tangani oleh kasi Intel Kejari Garut ( Irwan Ganda Syahputra SH,) yang ditujukan kepada kades cintamanik (CS) diminta untuk membawa dokumen realisasi DD/ADD tahun anggaran 2021.

tepat pukul 10:15 Wib. Kades cintamanik (CS) tiba di kantor Kejari Garut dengan mengendarai sebuah mobil Feroza warna biru, terpantau tanpa didampingi seorangpun, mamakai setelan pakaian seragam aparatur pemerintah desa warna coklat, dengan menggendong kantong dipunggung CS pun memasuki gedung adiyaksa. Dan terpantau keluar pada pukul 14.00 Wib. Dengan membawa setumpuk berkas yang harus dia foto copy terlebih dahulu.

Melihat kades CS keluar dari pintu depan Kejari Garut, awak media yang sudah menunggu bermaksud mewawancarai kades CS, namun yang bersangkutan menyatakan keberatan untuk melakukan wawancara dengan wajah lusuh. tim awak media pun kecewa karena sudah menunggu lebih dari tiga jam, namun hal tersebut sudah biasa dan harus dimaklumi, karena dalam melakukan wawancara tidak boleh ada pihak yang merasa terpaksa.

Gerak cepat (Gercep) Kejari Garut ini mendapatkan apresiasi dari masyarakat, atas kesigapan dan konsistensinya dalam melakukan langkah langkah penegakan supremasi hukum yang sudah menjadi wewenang dan tanggung jawabnya, hanya satu harapan masyarakat tegakan hukum setegak tegaknya, dan tentu dengan berazaskan keadilan.

Kontributor : S. Afsor
Publisher : Red

News Feed