by

Yery: Pemekaran Adalah Solusi Praktis Bagi Kesejahteraan Masyarakat Papua

-Daerah-50 views

KPK | Jayapura – Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Wadah Generasi Anak Bangsa, Yerry Basri Maak,SH. Saat ditemui awak media ini dirumahnya mengatakan, usulan pemekaran provinsi Papua oleh Pemerintah Pusat adalah sebuah pandangan praktis demi terwujudnya sentuhan pelayanan bagi masyarakat Papua.

Baginya pemekaran Papua adalah senjata ampuh demi memperkecil ruang gerak pemerintah dan memudahkan konsentrasi pelayanan birokrasi diseluruh sektor, lebih daripada itu dampaknya bagi para pencari kerja, pasti terbukanya lowongan bagi Putra Putri Papua.

” Saya sangat mengapresiasi usulan Pemerintah Pusat untuk memekarkan Papua menjadi enam wilayah administrasi. Saya sebagai Ketua LSM sangat berharap kepada seluruh masyarakat Papua, khususnya bagi sebagian orang yang bersebrangan dan kontra terhadap rencana pemekaran Papua, saya melihat adalah keliru jika niat baik ditentang dan berujung pada aksi protes kepada Pemerintah. Apalagi yang melakukannya adalah Calon-calon pemikir kritis, maksud saya para mahasiswa yang adalah harapan Bangsa,” ujar Yerry kepada awak media ini, Minggu, 27 Maret 2022.

Menurutnya, sebagai Calon-calon intelektual sudah seharusnya mampu menganalisa serta menarik kesimpulan dari rencana pemekaran yang diusulkan Pemerintah Pusat, serta dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang solusi yang ditawarkan Negara demi kesejahteraan Papua.

Lagi sambung Yerry, Dengan melihat kondisi geografis Papua yg sulit dijangkau khususnya daerah Pegunungan dan Kepulauan maka, program pemerintah untuk memperkecil ruang gerak pada sentuhan pelayanan adalah strategi Pemerintah Pusat yang patut di ancungi jempol.

” Sangat disesalkan jika niat baik Pemerintah Pusat ditolak dan tidak didukung oleh beberapa orang, atau juga kelompok. Saya melihat yang menolak adalah mereka yang tidak berpikir rasional, sangat jelas disana ada ego juga karena kekuwatiran selama ini berada manis dalam zona nyaman, bisa didepak ataupun tersingkirkan,” bilang YBM.

Yerry Basri Maak,SH,,. Ketua LSM Wadah Generasi Anak Bangsa, adalah sosok figur yang kerap tak Putus- putusnya menyuarakan kepedulian terhadap pelayanan publik, juga yang sangat vocal dengan perkara KKN dan pemberantasannya Lagi-lagi kembali mengingatkan, agar rencana pemekaran Papua harus didukung oleh semua pihak tanpa terkecuali.

Mengingat realita ditanah Papua yang kadang menguwatirkan karena kesenjangan sosial, serta keadilan yang terlihat menghilang ditengah Tahun-tahun emas silam otonomi khusus bergulir ekonomi masyarakat masih jahu dari kata sejahtera. Sebab baginya kadang kepuasan dan kebahagiaan dari besaran rupiah yang dikucurkan, hanya kedengaran ditelinga masyarakat kelas bawah, sementara menikmatinya bagai mencari harta terpendam.

Untuk itu dirinya sangat berharap, agar seluruh komponen masyarakat dan pemerintah melihat usulan pemekaran yang ditawarkan Pemerintah Pusat adalah sesuatu yang terelakan dan tak boleh ditawarkan demi kepentingan bersama.

” Sebagai anak Papua saya pribadi sangat mendukung dan menantikan keputusan Jakarta untuk mempercepat usulan pemekaran ini. Saya juga berharap agar semua pihak yang tidak sejalan untuk berbalik arah dan melihat ini sebagai jembatan emas yang harus kita lewati bersama demi kepentingan anak cucu kita,” pinta Yerry penuh harap. (Nando)