by

Pemkab Rohul Salurkan Bansos, Penerimanya Kaum Duafa-Warga Terdampak Bencana

-Ekonomi-96 views

KPK | Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman menyerahkan bantuan Sosial (Bansos) Tahun 2021dengan total 765 juta untuk anak yatim, kaum dhuafa, korban musibah, bantuan penyusunan tugas akhir mahasiswa dan bantuan modal kepada keluarga miskin, di Pendopo Rumdis Bupati, Kamis (30/12)

Penyaluran Bansos 2021 ini dengan mengusung tema “Dengan bantuan sosial tahun 2021 Kita Wujudkan Sumber Daya Manusia Sehat, Cerdas dan Berkualitas berdasarkan Nilai-Nilai Agama Menuju Masyarakat Sejahtera”.

Turut juga dihadiri Kadis Kominfo Rohul Drs Yusmar M.Si, Kepala Bapenda Elbizri, Kadis Sosial Sri Mulyati, Kadis Nakertrans Zulhendri, Camat, Kepala Desa, Mahasiswa dan masyarakat penerima bansos.

Dalam sambutannya, Bupati Rohul H. Sukiman Bansos mengatakan bantuan yang diberikan ini sebagai bukti kepedulian, bahwa Pemkab Rohul itu ada ditengah masyarakat, baik saat musibah maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Bansos yang kita serahkan ini semua dalam rangka sebagai bukti kepedulian Pemerintah kepada masyarakat, kami tidak akan membiarkan warga terkena musibah, jalan rusak, banjir, kami selalu hadir ditengah masyarakat,” katanya

Lanjut Sukiman, Bantuan sosial yang diberikan kepada masyarakat untuk meringankan kebutuhan masyarakat dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kita ini semuanya Pemimpin, baik pemimpin tingkat daerah, desa hingga pemimpin keluarga, semuanya itu berorientasi untuk kesejahteraan, kita harapkan juga tidak adalagi asumsi ditengah masyarakat kita tidak berbuat. Kita harapkan tahun depan APBD kita surplus. Baik dari DBH Migas maupun DBH Sawit yang sangat dalam wacana,” jelas Sukiman

Tak hanya bantuan bantuan anak yatim dan modal usaha, Bupati Sukiman mengatakan bantuan penyusunan tugas akhir untuk mahasiswa ini salah satu bentuk peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang handal.

“Bantuan untuk mahasiswa salah satu upaya meningkatkan sumberdaya manusia yang sehat dan cerdas berdasarkan tuhan yang maha esa sesuai visi misi. Untuk mewujudkan Rohul maju berdaya saing beranekaragam adat istiadat agama dalam menuju masyarakat Sejahtera,” kata Sukiman

Untuk laporan Bansos 2021, disampaikan Ketua Panitia yang juga Asisten 1 Setda Rohul Erfan Dedi Sanjaya. Rincian bantuan yang diserahkan oleh Pemkab Rohul pertama kepada pengurus anak yatim senilai 10 juta.

Yang terbagi di 4 panti asuhan dari Kecamatan Tambusai, Kecamatan Tambusai Utara, Kecamatan Rokan IV Koto dan Kecamatan Pendalian 4 Koto.

Lanjut Erfan Dedi, Kemudian bantuan penyusunan tugas akhir mahasiswa di universitas Pasir Pengaraian, STAI Tuanku Tambusai dan STKIP Rokania Rp 2.000.000 per mahasiswa untuk 90 mahasiswa.

Selanjutnya, bantuan sosial kepada siswa dari keluarga tidak mampu atau keluarga pra Sejahtera sebanyak 100 orang senilai Rp1.000.000 per orang dengan total 100 juta.

“Kemudian bantuan sosial kepada kaum duafa sebanyak 40 orang masing-masing mendapat senilai Rp 2.500.000 total 100 juta secara simbolis diberikan kepada 17 orang,” terangnya

Kemudian bantuan sosial untuk keluarga korban musibah sebanyak 20 orang senilai 5 juta dengan total 100 juta dan Bansos ntuk modal kepada keluarga miskin, keluarga pra-sejahtera sebanyak 50 orang masing-masing mendapat Rp2.500.000.Dari total Bansos tahun 2021 sebanyak 765 Juta.(Kominfo)

News Feed