by

Diduga Sekolah MI Terbitkan Ijazah Palsu, KLB Audiensi di Kemenag Garut

Koranpemberitaankorupsi.com | Garut – Rabu,26/6/2021 berlokasi diaula kantor kemenag kabupaten, kowalisi lembaga bersatu yang didalamnya terdiri dari gabungan lembaga swadaya masyarakat diantaranya, LSM Garut Bergerak, LSM Bhakti Pemuda, LSM GAS, LSM BABUSWARI dan LSM DABORIBO,LSM MANGGALA, dan LSM GMB, tepat pada pukul 9.00 wib. memasuki kantor gedung kemenag kabupaten Garut.

;Adapun maksud kedatangan KLB ini tak lain menanyakan keabsahan ijazah yang diduga palsu, namun justru diterangkan sebaliknya oleh kepala sekolah yang bersangkutan.

;Hal tersebut disampaikan oleh koordinator lapangan(KORLAP) kowalisi lembaga bersatu (KLB) Mulyono Khadafi kepada awak media, menurutnya kami melaksanakan ini demi memenuhi hak keadilan masyarakat yang diamanatkan oleh UU.Dasar republik indonesia tahun 1945 ujarnya.

;Masih kata Mulyono, pasalnya akta autentik yang berupa ijazah yang diterbitkan oleh salah satu sekolah MI dikecamatan Bayongbong kabupaten garut diduga palsu, namun yang terjadi justru sebaliknya yakni diterbitkanya surat keterangan ijazah pengganti oleh kepala sekolah MI Darul Qolam Nanjung yang membenarkan bahwa (D) memang pernah menjadi peserta didik disekolah tersebut diatas dan dinyatakan lulus, padahal sebelumnya (D) dinyatakan gugur oleh PPKD desa Mekarsari dengan alasan keabsahan ijazahnya diragukan, dengan adanya keterangan dari kemenaglah akhirnya (D) lolos dan sekarang terpilih menjadi kades.

“Namun berdasarkan dokumen yang ada, ijazah saksi tersebut diduga palsu, tanggal terbit antara depan dan belakang berbeda di depan tercatat tanggal 18 Juni 1990 di belakang tercatat tanggal 15 Juni 1990 tambahnya, dan nomor induknyapun berbeda, untuk itu KLB memnita kemenag Garut memanggil para pihak yang dianggap bertanggungjawab, dan melakukan apa yang seharusnya dilakukan, jangan demi mengejar jabatan kepala desa lantas menghalalkan segala cara, jika nanti terbukti tentu kami akan lakukan langkah kongkrit dan melaporkan kepada APH, karena ini merupakan tindak pidana pungkasnya.

“ditempat yang sama kasubag TU kemenag kabupaten Garut M Sutisna, S.Ag., M.M.Pd dalam wawancaranya memaparkan, bahwa dirinya mengucapkan terimakasih kepada KLB garut atas kritik maupun koreksi atas apa yang sudah dilakukan oleh salah satu pegawai Kemenag, walaupun baru dua hari menjabat dan bertugas di kemenag kabupaten garut, dan demi kemaslahatan bersama tentu akan kita selesaikan ujarnya. Jika memang apa yang didugakan ini terbukti tentu kami akan mengambil langkah langkah kongkrit agar persoalan ini cepat selesai pungkasnya.

“Apa yang menjadi tuntutan KLB pada audiensi yang digelar siang hari ini, dan apa yang disanggupi oleh pihak kemenag garut tertuang dalam berita acara audiensi, pada poin 3 pihak kemenag kabupaten garut akan menindaklanjuti kedua poin yang menjadi tuntutan KLB, dengan memanggil para pihak yang terkait dengan permasalahan tersebut diatas dalam waktu yang sesingkat singkatnya. berita acara tersebut Ditandatangani dan dicap atasnama kepala Kemenag Garut, oleh kepala sub bagian TU kemenag kabupaten garut Mimin Sutisna, S.Ag., M.M.Pd. (S. Afsor)

News Feed