by

GAKI Laporkan Dugaan Korupsi PT Timah ke Kementrian BUMN

-Hukam-22 views

KPK | Kamis (18/02/2021) lalu Gerakan Anti Korupsi Indonesia (GAKI) melaporkan dugaan tindak pidana korupsi PT. Timah kepada Kementrian BUMN. Melalui surat resmi dengan nomor R.017/DPP-GAKI/16/II/2021, Ketua Umum GAKI H. Adek Erfil Manurung S.H. yang juga merupakan Ketua Umum Laskar Merah Putih menjelaskan kronologi dugaan tindak pidana korupsi.

Dijelaskan melalui surat itu bahwa oknum Direksi PT. Timah melakukan dugaan tindak pidana korupsi pada penjualan Sisa Hasil Peleburan (SHP) ratusan ton biji timah kadar rendah yang mengandung Terak.

Dalam surat tersebut juga dijelaskan ditemukan biji timah kadar rendah Sisa Hasil Peleburan (SHP) di gudang penerimaan Tanjung Gunung (area 3) Kabupaten Bangka Tengah. Di tempat tersebut ditemukan +/- 58 Ton pada tahun 2018 dan +/- 70 Ton pada tahun 2019. SHP yang mencapai nilai Rp. 12 Milyar tersebut juga diketahui di kelola oleh PT swasta.

“Biji timah kadar rendah sisa hasil peleburan tersebut, tidak dijadikan balik timah siap lebur, melainkan hilang entah kemana. Tidak diketahui apakah dikirim ke pusat peleburan biji Timah Unit Metalurgi Muntok” Kata Ketua Umum GAKI H. Adek Erfil Manurung S.H.

News Feed