by

Forum Komunikasi Asosiasi Pers Minta Pemkab Lampura Bertindak Tegas

-Daerah-151 views

KoranpemberitaanKorupsi.Com | Lampung Utara – Forum Komunikasi Asosiasi Pers (FKAP) Kabupaten Lampung Utara minta pemerintah bertindak tegas, terhadap oknum yang tak mengindahkan protokol kesehatan. Pasalnya, setelah ikut swab test tak lantas mengisolasi diri, namun datang kesalah satu kegiatan amal yang dilaksanakan oleh FKAP sebagai rangkaian hari pers nasional (HPN) belum lama ini.

“Saya mewakili kawan-kawan, khususnya tergabung dalam forum komunikasi asosiasi pers Lampung Utara bersepakat untuk meminta pertanggung jawaban pemerintah daerah terhadap oknum satgas covid-19 melanggar peraturan ini. Atas segala huru-hara dan kehawatiran kami selama ini ikut dalam kegiatan sosial ini, jangan sampai ini menjadi contoh tak baik dimasyarakat. Jadi kami minta untuk ditindak tegas, “kata salah seorang anggota forum tersebut, Selasa, 16 Februari 2021, sesaat setelah mengikuti rapid anti gen diketahui hasilnya negatif itu.

Menurutnya, kejadian tersebut memberi signal bahwa selama ini pengawasan sangat lemah. Apalagi bersangkutan (oknum Sa) adalah petugas satuan tugas covid, sehingga bila tak ada sanksi akan berimbas kepada disiplin protokol kesehatan ditengah masyarakat. Apalagi saat ini ditengah pendemi, dengan peningkatan kasus setiap harinya.

“Ini yang perlu dipertegas, bagaimana akan baik pelaksanaan protokol kesehatan dimasyarakat. Bila satgasnya saja melakukan hal demikian, kalau pepatah dahulu bilang “Guru Kencing Berdiri Murid Kencing Berlari”. Harus ada efek jera sehingga berimbas pada peningkatan disiplin masyarakat, “terangnya.

“Alhamdulillah, hasil pemeriksaan kami semua negatif. Mudah-mudahan ini dapat menjadi pembelajaran kita semua, sayangilah orang disekeliling melalui disiplin protokol kesehatan, “pungkasnya.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2) Dinkes Lampura, Dian Mauli menambahkan berdasarkan data diterima dari pemerintah provinsi, oknum satgas (SA) positif covid-19. Dari hasil swab test dilaksanakan di Bandar Lampung sampai dengan hari ini.

“Bersangkutan sudah kita dapat hasil pemeriksaan swabtestnya. Benar dia positif, saat ini sedang melaksanakan isolasi mandiri, “tambahnya.

Sebelumnya, beredar informasi menyebutkan adanya dugaan salah satu oknum satgas covid-19 tak mengindahkan prokes, ketika usai melakukan swab test tidak lantas mengisolasi diri pihaknya cukup menyayangkan kejadian tersebut. Hingga membuata keadaan tidak nyaman, apalagi saat itu ada kegiatan yang melibatkan banyak orang. Khususnya mereka tergabung dalam beberapa wadah organisasi media disana.

“Harusnya mereka (oknum) itu lebih tahu, bagaimana cara menjaga orang-orang disekitar kita agar tidak berdampak. Kami sangat menyayangkan, seharusnya dapat menjadi contoh bukan berbuat begini, “kat Kabid P2 Dinkes Lampura, Dian Mauli, Minggu, 14 Februari 2021.

Informasi dikumpulkan dilapangan, oknum satgas tersebut berinisial SA. Selain aktif sebagai satgas covid-19 Lampura juga berkecimpung di dunia jurnalis sebagai awak media, bahkan menjadi pimpinan dalam wadah keorganisasi media disana. Seharusnya lebih paham, karena selalu memberikan informasi terkait perkembangan kasus corona kepada masyarakat.

“Kami cukup menyayangkan, kenapa dia demikian. Padahal kami ini kan teman sejawat, selain itu dia satgas loh. Harus menjadi contoh dimasyarakat, apalagi kami ini ada anak kecil. Bagaimana kalau begini, harapannya mereka yang tak patuh apalagi kedua oknum ini dapat diberikan sanksi sehingga menjadi contoh lainnya, “ujar salah satu awak media yang kebetulan ikut dalam kegiatan yang dihadiri oleh oknum satgas yang baru saja mengikuti swab test tapi datang keacara sosial tersebut.(Fajar/Hamsah)