by

Cafe Karaoke Wayan Gelong Bertahun-tahun Beroprasi Diduga Tidak Memiiliki Izin

-Ragam-36 views

KPK | Tulang Bawang Lampung – Tempat Hiburan Malam (THM) yang terletak di Kampung Cakat Raya ,dusun 5 Rt 3, Kecamatan Menggala Timur Kabupaten Tulang Bawang diduga bertahun – tahun beroperasi tanpa mengantongi izin dari pemerintah setempat.

Pasalnya, dari keterangan narasumber yang enggan disebut namanya membeberkan, selain tidak mengantongi izin, tempat hiburan tersebut juga diduga menyediakan jasa wanita Pemandu Lagu (PL).

“Setau saya selaku warga disini, setelah bertahun-tahun dibuka tempat hiburan malam itu tidak sama sekali mengantongi izin, dan seringkali terlihat wanita-wanita pemandu lagu yang sepertinya memang disediakan oleh pemilik tempat itu, bahkan didalam situasi covid-19 Pemda juga sebelumnya telah memberi peringatan untuk di tutup terlebih dahulu, namun terkesan di abaikan, terkadang masih saja melayani jika ada tamu yang berkunjung,” Beber nara sumber baru-baru ini.

Sementara pemilik tempat hiburan malam tersebut, Wayan Gelong, saat di konfirmasi beberapa awak media dan LSM dikediamannya, pada Jumat (19/09/2020) malam. Wayan mengakui usaha kegiatan karaoke miliknya memang benar tidak memiliki izin sebagaimana sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

“Sebelumnya beberapa tahun lalu, kami dulu memang pernah buat izin melalui seseorang, tapi ternyata kami di bohongi ternyata izin tersebut palsu, dan rencana kami akan membuat izin lagi, namun saat ini masih terkendala di dana,” Kata Wayan.

Disinggung terkait Himbauan covid-19 tentang penutupan, Wayan membantah jika masih membuka dan melayani tamu, dia mengaku usaha tempat hiburan miliknya memang sudah lama tidak dibuka.

“Kalau tempat usaha ini, memang tidak dibuka karena sepi, apalagi mau menyediakan wanita pemandu untuk bayar dan ngasih makan merekapun kita bingung mau dari mana,” Elak Wayan.

Diketahui berdasarkan peraturan, setiap usaha kegiatan hiburan wajib mengantongi Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) yang di keluarkan oleh Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) Kabupaten setempat.

Dasar hukum mengenai TDUP, adalah pasal 15 ayat (2) Undang-Undang Nomor 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan.

Selain peraturan tersebut ada juga peraturan seperti Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor : PM. 91/ HK. 501/ MKP/ 2010, Peraturan Bupati Tulang Bawang No. 20 tahun 2020, Perda Kab. Tulang Bawang No. 2 tahun 2018 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat.

Hasil pantauan tim dilapangan dan data yang didapatkan, diduga keras Wayan Gelong pemilik tempat usaha karauoke tersebut, melakukan kegiatan usahanya tidak sesuai prosedur dan melanggar peraturan yang ditetapkan.

Karena itu, sangat diharapkan Bupati Tulang Bawang untuk menindak tegas dan memberikan sanksi kepada siapapun yang telah melakukan pelanggaran berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku, demi tegaknya keadilan/ketertiban dan supermasi hukum, khususnya di Kabupaten Tulang Bawang. (Tab/Tim)

News Feed