by

Terkesan Kaku Terhadap Media, Bupati Tuba Langgar UU 14/2008

-Daerah-95 views

KPK | Tulang Bawang – Bupati Tulang Bawang Winarti terkesan kaku bertemu dengan rekan-rekan media yang bertugas di Tulang Bawang, hal ini pun dapat dilihat dari kegiatan UMKM yang di gelar di Rumah Dinas (Rumdis) Bupati yang mana para media tidak di izinkan meliput kegiatan tersebut oleh Satpol PP yang bertugas di pos jaga rumdis sehingga membuat kesan kegiatan tersebut tertutup.

Hal ini tentunya bukan yang pertama terjadi, namun sudah berlangsung berkali-kali disetiap momen kegiatan yang harusnya terkesan terbuka, namun dibuat tertutup untuk media yang meliput.

Ketidak terbukaan informasi dalam peliputan langsung oleh media ini menjadi suatu pertanyaan sendiri bagi beberapa kalangan rekan media di Tulang Bawang, yang harusnya keterbukaan dalam peliputan suatu kegiatan itu tak terkesan ditutup tutupi.

Padahal, kegiatan yang digelar tersebut bukanlah rapat internal bagi OPD yang ada dilingkup Tulang Bawang, namun kegiatan keterbukaan bagi masyarakat yang tentunya harus diketahui salah satunya para rekan media yang ada.

Hal itu juga yang dirasakan beberapa rekan media yang ingin meliput kegiatan UMKM yang digelar pada Rabu siang (2/9/2020), yang mana tidak diperkenankan masuk oleh petugas jaga rumah dinas Bupati setempat.

“Iya ada kegiatan cuma ngak tau kegiatan apa, yang jelas kami hanya mengikuti instruksi dari Bupati bahwa tidak di bolehkan satu pun wartawan masuk kedalam rumdis”,ujar penjaga Pol PP yang bertugas di pos rumdis Bupati kepada wartawan yang hendak ingin meliput kegiatan tersebut.

“Apalagi kalau tidak ada undangan resmi jadi tidak boleh masuk” tambahnya

Sikap Bupati seperti itu bertentangan dengan undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

Terpisah, Kabag protokol Hariyanto saat dihubungi via telepon mengenai tidak di izinkannya wartawan meliput dalam kegiatan tersebut menyanggah tidak di iziankan nya wartwan untuk meliput, kalo untuk tugas peliputan di rumdiskan ada yang memang bisa untuk diliput dan ada yang tidak bisa diliput (rapat internal), tetapi kalo untuk acara UMKM tadi bisa untuk diliput karena sifatnya untuk umum.

“Mungkin Pol PP nya yang gk nyambung, lain kali kalau ada permasalahan seperti ini langsung hubungi saya atau dari dinas Kominfo”,kata Kasubag Protokol

Selain menutup-nutupi kegiatan yang di gelar dirumdis, saat ini tengah banyak di beritakan beberapa media mengenai kekerasan terhadap jurnalis di tuba dan kurangnya keterbukaan informasi mengenai penangan covid-19 di Tulang Bawang. (Tim)

News Feed