by

DKLU Bersiap untuk ‘Melompat dan Berlari’

-Daerah-190 views

KPK | Lampung Utara – Dewan Kesenian Lampung Utara (DKLU) yang dalam beberapa tahun belakangan terkesan ‘mati suri’ mendapat support dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat.

Hal ini disampaikan salah satu punggawa kesenian di kabupaten yang berjuluk Ragem Tunas Lampung, Nani Rahayu, Minggu, 2 Agustus 2020.

“Belum lama ini, kami bersama beberapa rekan seniman dan pengurus DKLU, melakukan konsultasi dengan Plt. Bupati Lampura,” kata Nani Rahayu, pengasuh Sanggar Seni Tari Canggot Budayo, saat diwawancarai, Minggu, 2 Agustus 2020, melalui komunikasi via ponsel.

Dalam pertemuan itu, lanjut Nani Rahayu, melalui Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Lampung Utara, Budi Utomo, pemerintah setempat siap men-support keberadaan dan program DKLU.

“Ya, Pemkab Lampura kedepannya akan memberikan dukungan penuh kepada DKLU dengan harapan dapat memberikan efek positif terhadap pembangunan di sektor seni dan budaya,” terangnya.

Dikatakan lebih lanjut, dalam hal mewujudkan niatan tersebut, pihaknya akan segera membentuk kepengurusan serta merancang perencanaan dan program pembinaan demi keberlangsungan seni dan budaya di Lampura.

“Kami rencanakan dalam waktu dekat akan mengundang para penggiat seni dan beberapa pengurus lama yang masih intens untuk melakukan rapat dan pembentukan pengurus DKLU,” ujar Nani Rahayu.

Dirinya juga menyampaikan untuk mengejar ketertinggalan selama ini, DKLU akan siap untuk ‘melompat dan berlari’ dengan bersinergi bersama Pemkab. Lampura.

Senada, salah satu sastrawan ternama di kabupaten setempat, Djuhardi Basri, menyampaikan, melalui arahan Plt. Bupati Lampura yang menerima kunjungan ‘caretaker’ DKLU akan segera membentuk struktur kepengurusan periode 2021–2025.

“Ya, kita akan segera membentuk kepengurusan baru. Dalam hal ini, Pemkab Lampura akan mendukung penuh seluruh perencanaan dan program DKLU mendatang,” tutur Djuhardi Basri, yang juga dosen Sastra Indonesia di FKIP Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) ini.

Tentunya, tambah Djuhardi Basri, DKLU mendatang diharapkan lebih matang dan progressif dalam hal melakukan pembinaan serta mengembangkan seni dan budaya di Lampura.

News Feed