by

Diduga Mantan Kepala SMPN 1 Rawa Jitu Timur Tidak Maksimalkan Dana BOS

KPK | Tulang Bawang, Lampung – Mantan Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Rawa Jitu Timur Kabupaten Tulang Bawang, Supri Jatmiko S.Pd yang saat ini menjabat sebagai Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Meraksa Aji diduga selewengkan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk Pembelian/Perawatan Alat Multi Media Pembelajaran dan Pemeliharaan Sarana/Prasarana Sekolah seperti Perbaikan mebeler, termasuk pembelian mebeler di kelas untuk peserta didik/guru jika mebeler yang ada di kelas sudah tidak berfungsi dan/atau jumlahnya kurang untuk mencukupi kebutuhan.

Hal ini terungkap saat wartawan koran pemberitaan korupsi (kpk) bersama awak media lain melakukan konfirmasi kepada Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Rawa Jitu Timur Kawit, S.Pd bersama Sukardi yang merupakan salah satu dewan guru senior di sekolah setempat, Selasa (28/07/2020).

“Awal saya masuk dan menjabat sebagai Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Rawa Jitu Timur kondisinya tidak sebaik sekarang, seperti kursi tamu dan meja kursi dewan guru pada rusak tapi saat ini sudah saya perbaiki semua dan dipersilahkan untuk di lihat sendiri agar saya tidak dikatakan mengada-ada,” ungkap Kawit kepada awak media.

Saat awak media mempertanyakan fasilitas lain seperti Komputer dan Lektop yang bersumber dari dana BOS, Kawit tidak bisa menjelaskan secara detail dan mempersilahkan awak media untuk bertanya langsung dengan Sukardi yang merupakan salah satu dewan guru senior di SMP Negeri 1 Rawa Jitu Timur.

Sukardi pun menjelaskan secara detail sejumlah fasilitas yang dibelanjakan dari dana BOS selama Supri Jatmiko menjabat Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Rawa Jitu Timur.

“Setahu saya selama Pak Supri menjabat Kepala Sekolah di SMP Negeri 1 Rawa Jitu Timur untuk Pembelian/Perawatan Alat Multi Media seperti Komputer, Lektop dan Printer yang di anggarkan dari dana BOS hanya 4 unit Lektop, untuk printer saya kurang tau karena kalau printer lebih cepat rusak, dan jika ada yang rusak maka langsung beli yang baru, sementara untuk Komputer sepertinya belum pernah ada pembelanjaan dari anggaran dana BOS,” tutur Sukardi kepada awak media.

Kepada wartawan kpk Supri Jatmiko yang saat ini menjabat sebagai Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Meraksa Aji tidak bisa menjelaskan secara rinci terkait Pembelian/Perawatan Alat Multi Media Pembelajaran karena lupa.

“Sepengetahuan dan sepemahaman saya dalam Juknis BOS untuk Pembelian/Perawatan Alat Multi Media Pembelajaran hanya untuk pembelian barang elektronik jadi tidak mewajibkan untuk membeli Komputer jadi saya hanya membeli Lektop dan Printer saja,” jelas Supri Jatmiko melalui telpon seluler, Rabu (29/07/2020).

Lebih lanjut Supri mengatakan, “Kawan-kawan media juga tolong melihat kemajuan sebelum saya menjabat Kepala Sekolah disana dan sesudah saya menjabat, banyak sekali kemajuannya, kalau sebelum saya menjabat siswa ngak bisa upacara karena halaman sekolah seperti sawah dan setelah saya menjabat Kepala Sekolah para siswa sudah bisa upacara dan bisa ditanyakan kepada semua guru disana bahwa cukup banyak kemajuan yang saya perbuat di SMP Negeri 1 Rawa Jitu Timur,” imbuhnya meyakinkan.(tim)

News Feed