by

SMKN 1 Bukitkemuning Kedepankan Mutu Pendidikan Berbasis Ketrampilan

KoranPemberitaanKorupsi.com | Lampung Utara – Pendidikan merupakan garda terdepan hak asasi manusia yang wajib didapat setiap anak bangsa hingga tingkat yang paling optimal.

Seperti disampaikan Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Bukitkemuning, Kabupaten Lampung Utara, Hamron Roiya, S. Pd., dengan memperoleh pendidikan yang berkualitas, maka akan terbentuk anak bangsa yang terampil dan berkarakter.

“Meski demikian, pendidikan yang diperoleh melalui jalur formal juga harus diimbangi melalui jalur nonformal guna menunjang pengetahuan dan keterampilan siswa sehari-hari,” kata Hamron Roiya, saat diwawancarai, Senin, 27 Juli 2020, di ruang kerjanya.

Disampaikan lebih lanjut, jumlah peserta didik yang menempuh pendidikan di SMK Negeri 1 Bukitkemuning untuk tahun ajaran 2020-2021 terdata sebanyak 1.050 peserta didik.

“Jumlah peserta didik yang ada di SMK Negeri 1 Bukitkemuning terbagi dalam 31 rombongan belajar (rombel) mulai dari kelas X hingga kelas XII. Sementara, untuk data usulan dapodik sebanyak 1.021 peserta didik,” terangnya.

Diuraikan Hamron Roiya, metode pembelajaran unggulan yang diterapkan pihak SMK Negeri 1 Bukitkemuning, yang berada di jalan Baturaja, Muaraaman, Kecamatan Bukitkemuning, Lampura ini, yakni dengan mengedepankan sistem peningkatan kualitas keterampilan peserta didik.

“Terdapat lima jurusan yang dapat dituju oleh peserta didik sesuai minat yang dipilihnya, yakni jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL), Teknik Listrik, serta jurusan Perikanan,” papar Hamron Roiya.

Dalam hal adanya persoalan pandemi Covid-19, lanjutnya, kegiatan belajar mengajar dilaksanakan melalui mekanisme pembelajaran dalam jaringan (daring).

Hamron Roiya juga menyampaikan, jumlah tenaga pendidik yang ada di sekolah kejuruan dimaksud berjumlah 80 tenaga pendidik dengan rincian 15 berstatus ASN termasuk kepala sekolah, dan sisanya merupakan tenaga honorer.

“SMK Negeri 1 Bukitkemuning mengedepankan metode pembelajaran unggulan dengan sistem peningkatan kualitas keterampilan peserta didik. Dengan harapan, setelah lulus sekolah, mereka memiliki keterampilan dan kemandirian yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan memberikan manfaat dalam bermasyarakat,” jelasnya.

Dirinya juga mengatakan, peserta didik yang menempuh jalur pendidikan formal di SMK Negeri 1 Bukitkemuning tidak hanya berasal dari daerah sekitar.

“Domisili peserta didik di sini juga berasal dari Kecamatan Tanjungraja, Bukitkemuning, juga ada yang berdomisili dari daerah Baradatu, Kabupaten Waykanan, serta dari daerah Sumberjaya dan Fajarbulan, Kabupaten Lampung Barat,” tutup Hamron Roiya. (ar/Hamsah)

News Feed