by

Sebanyak 28 Desa se-Lampura Siap Pilkades Serentak

-Daerah-286 views

KPK | Lampung Utara – Sebanyak , 28 Desa yang tersebar di 14 Kecamatan se-Kabupaten Lampung Utara (Lampura), bakalan dilaksanakan Pilkades serentak. Demikian disampaikan Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa, RA. Habibie kepada awak Media, Senin (13/7).

“Untuk saat ini sebanyak 28 Desa itu masih di Jabat oleh PJ kepala desa.. Bahkan, kebanyakan PJ tersebut menjabat Sekurangnya 2 tahun yang semestinya sejak tahun 2019 lalu sudah musti dilakukan Pilkades. Namun, dikarenakan keuangan daerah kita tidak memungkinkan maka, mudah-mudahan baru di Tahun 2020 ini baru dapat dilaksanakan, ‘ujarnya mendampingi Kadis DPMD Lampura, Wahab.

Dikatakannya, untuk rencana tahapan pelaksanaan Pilkades serentak tersebut akan dimulai tahapannya pada bulan Agustus Mendatang. Sedangkan, untuk pelaksanaan Pilkades serentak itu akan dilakukan pada 24 November 2020 mendatang.

‘Sebenarnya, untuk pelaksanaan Pilkades ini telah direncanakan baik dari tahapan hingga pelaksanaan dilakukan bulan Juli 2020 ini. Namun berdasarkan adanya surat edaran dari Mendagri Republik Indonesia tentang Covid-19, maka setelah melalui konsultasi pihak kita dengan pihak Mendagri, akhirnya pelaksanaan Pilkades serentak ini baru dapat kita laksanakan di bulan November 2020 mendatang, ‘katanya.

Dijelaskan Habibie, Terkait segala persiapan Pilkades serentak tersebut telah kita ajukan kepada Plt. Bupati Lampura, Budi Utomo, termasuk jadwal tahapan hingga jadwal pelaksanaan Pilkades serentak itu sendiri.

“Ya, untuk surat menyurat tentang jadwal tahapan dan jadwal pelaksanaan semuanya sudah kita ajukan kepada Plt. Bupati., dan saat ini kita hanya tinggal tunggu surat tersebut ditandatangani dan dikeluarkan surat perintah oleh Plt Bupati untuk pelaksanaan Pilkades serentak itu, ‘jelas dia.

Selain itu, dia juga sangat berharap dalam pelaksanaan Pilkades serentak yang bakalan dilaksanakan tersebut dapat berjalan dengan Kondusif, serta memunculkan dan terpilih calaon-calon pemimpin Di desa (Kades) setempat yang mampu mengembangkan serta mengayomi masyarakat yang dipimpinnya.

‘Secara kedinasan dan Pribadi kita berharap para Kades terpilih itu adalah orang – orang yang mumpuni dan mampu mengayomi serta membangun desa yang dipimpinnya, “pungkas Habibie. (Sab)

News Feed