by

Odesa Garut dan KNPI Kadungora Bangun Sinergi Kembangkan Pertanian

-Daerah-92 views

KPK | Garut Jabar – Yayasan Odesa Indonesia Kabupaten Garut bersama Dewan Pengurus Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPK KNPI) Kadungora sepakat bekerjasama mengembangkan sektor pertanian.

Ketua Odesa Garut Ramlan menuturkan, tujuan pengembangan sektor pertanian tersebut adalah untuk membangun stabilitas pangan sarat gizi di kalangan masyarakat.

Hal tersebut, kata Ramlan, dapat dimulai dari hal-hal kecil mulai dari menanam tanaman-tanaman sarat gizi dengan memanfaatkan pekarangan rumah. Seperti pohon kelor, bunga telang dan sebagainya.

Menurutnya, jika masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pangan yang bergizi terutama anak-anak, maka pertumbuhan tubuh dan kecerdasan akan berkembang secara optimal.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya mengajak kaum muda peduli untuk terjun secara langsung memberikan dedikasi kepada masyarakat. Mulai dari edukasi, menyiapkan berbagai fasilitas, hingga menjadi pelaku tani sekaligus.

“Sektor pertanian merupakan sektor yang sangat penting sebagai penopang kebutuhan pangan dan masyarakat mesti menyadari akan pentingnya pemenuhan pangan-pangan bergizi, yang mana bisa dilakukan di pekarangan rumah. Dan dalam hal ini pemuda memiliki peranan yang strategis untuk mewujudkan hal tersebut,” ujarnya saat bersilaturahmi ke Jajaran Pengurus DPK KNPI Kadungora, di Kediaman Wakil Ketua KNPI Kadungora M. Fhadillah, Minggu (28/6/2020).

Sementara itu, Ketua DPK KNPI Kadungora M. Nanang Hasan Al Anshori mengatakan, pihaknya mengapresiasi kerjasama tersebut. Menurutnya, peran pemuda sangat dianjurkan untuk mengambil bagian dalam memberikan kontribusi mengembangkan sektor pangan guna menjaga stabilitas ketahanan pangan yang berkesinambungan.

“Tentunya kami sangat mengapresiasi jalinan kerjasama ini. Bidang pertanian ini patut dikembangkan, karena bidang tersebutlah yang menjadi sarana pemenuhan kebutuhan pokok manusia yang berkelanjutan,” katanya.

Nanang menegaskan, pihaknya siap berdedikasi memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat, dalam mewujudkan ketahanan pangan sarat gizi.

“Tentu saja ini menjadi kewajiban bagi kami untuk terjun berperan langsung secara nyata di tengah-tengah masyarakat,” ungkapnya. (Iskandar)

News Feed