by

Satu Tahun Pimpin Lampung, Visi Misi Arinal-Nunik Tidak Ada Kejelasan?

-Daerah-210 views

KPK | Lampung Utara – Komite Mahasiswa Nusantara untuk Demokrasi (KMND) Regional Sumatera kritisi arah kebijakan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Lampung, Arinal Junaidi-Chusnunia Halim yang terkesan tidak ada kejelasan.

Disampaikan Ketua Umum KMND Regional Sumatera, Aris, setidaknya, ada enam visi dan misi yang idealnya dilakukan dalam satu tahun kepemimpinan Arinal-Nunik.

“Keenam visi dan misi tersebut, yakni mewujudkan kehidupan yang religius, berbudaya, dan damai. Mewujudkan tatapemerintahan dengan prinsip ‘Good Governance’ sehingga mampu meningkatkan pemerataan kualitas pelayanan publik,” beber Aris, Senin, 29 Juni 2020, melalui pesan whatsApp.

Selain itu, lanjut Aris, Pemerintah Provinsi Lampung juga mengembangkan upaya perlindungan anak, pemberdayaan perempuan, dan kaum difabel. Menempatkan infrastruktur guna meningkatkan efisiensi produksi dan konektivitas wilayah. Membangun kekuatan ekonomi masyarakat serta pertanian dan wilayah pedesaan yang ditunjang dengan wilayah perkotaan, serta mewujudkan pembangunan daerah berkelanjutan untuk kesejahteraan bersama, terutama di sektor pertanian.

“Ironisnya, keenam visi dan misi tersebut dalam satu tahun kepemimpinan Ainal-Nunik tidak nampak perubahan yang signifikan,” tegasnya.

Aris juga menyampaikan, ketidakjelasan arah kebijakan Gubernur dan Wagub Provinsi Lampung saat ini juga diperparah dengan berbagai permasalahan lingkungan yang belum teratasi secara optimal.

“Di beberapa daerah, tingkat kriminalitas masih tinggi. Hal ini dimungkinkan Pemprov Lampung tidak mampu membuka ruang investasi guna menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat,” paparnya.

Dirinya juga menyampaikan, sejauh ini KMND Regional Sumatera menilai penyerapan angaran pajak belanja daerah selama satu tahun belakangan belum menyentuh dan dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat yang ada di tanah Sai Bumi Ghuwa Jughai ini.

“Untuk itu, Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung harus bertangungjawab guna merealisasikan visi dan misinya selama satu tahun masa kepemimpinan mereka saat ini,” ujar Aris.

KMND Regional Sumatera juga menyayangkan adanya kesan janji politik Arinal-Nunik tidak serius dalam pelaksanaannya.

“Jika tidak benar-benar dilaksana janji politik dan/atau visi misi Arinal Junaidi dan Chusnunia Halim, tentu akan berdampak pada kekecewaan masyarakat dan hilangnya kepercayaan publik pada pemerintah yang selama ini menggaungkan Lampung Berjaya,” tutup Aris. (rilis)

News Feed