by

Tambang Ilegal Buper Waena Digrebek, WGAB dan Barapen Ikut Bersuara

-Daerah-72 views

KPK | Jayapura Papua – Pada 26 Juni 2020 jumat kemarin, lokasi pertambangan ilegal yang berbasis di Bumi Perkemahan alias BUPER Waena kota Jayapura, resmi digrebek dan dihentikan aparat kepolisian resort kota (POLRESTA) kota Jayapura.

Pasca rillisnya berita di media online tentang penggrebekan aktivitas tambang ilegal di lokasi ini, ketua LSM Barisan Rakyat Peduli Nusantara {BARAPEN} Provinsi Papua akhirnya angkat bicara.

Melalui pesan facebook (inbox) yang disampaikan kepada wartawan koran pemberitaan korupsi, ketua LSM bernama Edison Suebu, SH ini sangat mengapresiasi kinerja Kapolresta bersama jajarannya.

“Tentu ini suatu bukti kinerja yang sangat baik sekali. Patut diteladani setiap kapolres di daerah lain, yang di mana wilayahnya masih ada aktivitas gelap dari tambang emas ilegal itu sendiri.

Saya sampai sekarang masih dengar, ada beberapa daerah yang terdapat praktek penambangan emas ilegal, yang seakan tertutup mata dan telinga oknum-oknum kapolres setempat. Tidak tahu kenapa?.

Seperti di Nabire, di distrik Mamberamo Hulu di kampung Friji dan Kruku, dan di beberapa wilayah lain, apakah sudah terhenti sama sekali?. Kami dengar ada yang masih bebas beroperasi sampai sekarang.” Ungkap Edy.

Dia, pimpinan Barapen, turut meminta peran aktif Kapolda Papua agar di sisa masa kepemimpinannya, dapat menuntaskan setiap aktivitas pertambangan ilegal yang berada di atas tanah Papua.

“Sebagai pribadi OAP, dan atas nama lembaga swadaya masyarakat resmi yang saya ketuai, saya minta bapak kapolda harus punya perhatian lebih dalam hal satu ini.

Beliau (kapolda, red) harus bekerja lebih serius untuk menuntaskan serta menghapus semua bentuk aktivitas tambang ilegal yang ada di tanah Papua!.

Semoga pasca terungkap dan digrebeknya aktivitas tambang ilegal di Buper Waena, dapat mendorong Polda Papua untuk memerintahkan Polres-Polres yang wilayah hukumnya ada praktek tambang emas ilegal yang sama, supaya juga ikut diberhentikan jika tak ada izinnya yang lengkap.” Ujar Edy tegas.

Tak berbeda dengan pimpinan LSM Barapen, ketua LSM Wadah Gerakan Anak Bangsa (WGAB) Provinsi Papua pun ikut memberi apresiasi dan sorotannya.

Kepada awak KPK Yerry Basri Mak, SH yang tidak asing lagi namanya bagi publik, menyampaikan tulisannya via whatsapp kemarin siang (26/06).

“Saya secara pribadi dan atas nama lembaga independen kami WGAB, kami terus terang sangat mengapresiasi sekali kinerja yang sangat bagus dari Kapolresta Jayapura bersama bawahannya.

Ini kerja bagus Polresta Jayapura yang patut kita beri jempol dan apresiasi setinggi-tingginya. Oknum-oknum pengusaha atau perusahaan yang beroperasi ilegal di areal tambang emas di Buper Waena, saya minta supaya segera dikejar dan ditangkap serta dipenjarakan!.” Tegas Yerry berseru.

Pucuk pimpinan WGAB di akhir keterangannya yang disampaikan, ia meminta Kapolda Papua Irjen Polisi Drs. Paulus Waterpauw supaya memerintahkan sejumlah bawahannya (Kapolres) di daerah masing-masing, untuk meneladani kinerja Polresta Jayapura.

“Selaku pimpinan LSM WGAB Provinsi Papua saya menyerukan dan meminta, khususnya setiap Polres yang daerahnya ada praktek dan aktivitas ilegal mining atau pertambangan ilegal, harus segera digrebek dan ditutup!.

Tidak boleh ada pembiaran oknum-oknum aparat tertentu, yang sengaja mau membiarkan aktivitas gelap itu dilarang karena ikut-ikutan mendapat untung dari oknum-oknum cukong pemain haram.

Ini negara hukum!. Kalau aktivitas tersebut legal berdokumen, ya sah-sah saja. Tapi kalau ilegal, kami minta segera ditutup demi kesinambungan kelangsungan hidup generasi anak cucu kita ke depan.

Janganlah hutan kita dirusak lagi, jangan juga sumber-sumber potensi sumber daya alam kita terkeruk oleh kepentingan haram tangan-tangan jahil oknum-oknum tertentu, karena ingin cepat-cepat kaya raya.

Jadi terakhir pesan dan harapan kami WGAB, kami minta dan berharap bapak kapolda kita Jenderal Paulus Waterpauw harus memerintahkan bawahannya, yakni beberapa kapolres di sejumlah daerah yang ada kegiatan tambang ilegal tadi, supaya serius menuntaskan praktek-praktek aktivitas ilegal mining itu.

Mari kita semua bekerja dengan jujur dan takut akan Tuhan di tanah ini. Bagi oknum-oknum pengusaha tambang ilegal mining yang ada, kami harap mereka segera diproses hukum sesuai regulasi yang ada di NKRI, supaya ada efek jera bagi mereka.” Bilang Yerry berharap. {•Jeffry, R.W•}

News Feed