by

Pemeriksaan RDT Bagi ASN Kabupaten Supiori yang Berdomisili di Biak

-Daerah-234 views

KPK | Biak, Papua – Bertempat di Hanggar Sirkuit Fanfabri Biak, Pemerintah Kabupaten Supiori melakukan Rapid Test bagi ASN yang berdomisili atau yang bertempat tinggal di Kabupaten Biak Numfor, Kamis(19/06/20)

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Dr. Sulianti Sihotang,M.KM menjelaskan, bahwa kegiatan ini dilakukan berdasarkan  Surat Edaran Bupati Kabupaten Supiori, untuk wajip melakukan rapid test bagi 825 ASN yang telah terdata.

Saat di dampingi Kepala Dinas Kabupaten Supiori Marinus Maryar, S.SOS.,M.KES, dan Directur RSUD Kab Supiori Dr. Jenggo Suwarko, beserta Tim Gugus Tugas Kabupaten Supiori, dirinya Sulianti menuturkan, bahwa hingga kini Kabupaten Supiori masih terkategori Kabupaten Zona Hijau, dalam artian 2 pasien yang terpapar Covid-19 telah dinyatakan pulih dan sehat baru-baru ini.

” Kegiatan Rapid Test bagi sejumlah ASN yang berdomisili di Kabupaten Biak Numfor ini dilakukan untuk memutuskan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Supiori. Bila dalam pemeriksaan ditemukan ada yang reaktif Rapid Diagnostik Test atau RDT maka akan dilakukan pengambilan data dan pendampingan untuk dilakukan Isolasi. yang mana  akan ditempatkan di Sawarkar dan Hotel Safuri Kab Supiori,” kata Jubir dr. Sulianti.

Lanjut dr. Sulianti, ” Rencananya hasil dari Rapid Test ini akan digabungkan dengan hasil Rapid Test masyarakat Kabupaten Supiori, untuk dilakukan pemeriksaan Swab atau pengambilan Lendir Nasofaring dan untuk pemeriksaan PCR akan dilakukan di Jayapura, diperkirakan minggu depan sudah bisa dilakukan,” katanya lagi.

Menutup penyampaian Tim Gugus Tugas, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Supiori Marinus Maryar S.SOS.M.KES, menyampaikan terimaksi kepada Bupati Kabupaten Supiori yang telah mengambil kebijakan untuk memerintahkan semua ASN guna mengikuti pemeriksaan kesehatan.

“Terima kasih yang tulus kami sampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, yang telah meluangkan waktu dan tempat, pulah yang telah bekerjasama hingga proses ini bisa selesai seperti yang kita inginkan bersama. Tim Gugus dan Tim Kesehatan RSUD telah berupaya sebaik mungkin guna memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Supiori dan tentu yang menjadi harapan kami Pemerintah, masyarakat bisa terbebas dari Virus Corona atau Covid-19, yang telah menelan jutaan manusia di bumi ini.” Pungkas Kadinkes, Marinus Maryar, S.Sos, M.Kes. (Rison)

News Feed