by

Polres Tolokara Amankan Truk Distribusi Sembako yang Hendak Dibakar Warga

-Hukam-278 views

KPK | Kota Jayapura – Polres Tolikara telah mengamankan empat truck dan sopir di Mapolsek Karubaga yang hendak mendistribusikan sembako dari Wamena Kabupaten Jayawijaya ke Karubaga Kabupaten Tolikara.

Kronologis kejadian ini berawal pada hari Sabtu, 23 Mei 2020 sekitar pukul 09.20 wit, bertempat di Jln. Irian Karubaga Kabupaten Tolikara.

Ada beberapa orang Karubaga yang berkumpul di depan kios seorang pengusaha berinisial (HJ), yang saat itu hendak yang membongkar muatan barang dari truck, kemudian didatangi oleh sekelompok orang masyarakat Karubaga dikarenakan Tim Gugus Tugas Penaganan dan Pencerahan Corona Diase -19 atau Covid -19 telah memasang poltal di jalan trans Wamena Tolikara, di Desa Minage dan telah menetapkan jadwal khusus untuk kendaraan yang boleh masuk ke Kabupaten Tolikara.

Kendaraan yang di ijinkan adalah kendaraan yang benar-benar tinggalnya di Tolikara, selain dari itu tidak di perkenankan untuk masuk ke Kabupaten Tolikara.

Tetapi beberapa warga yang kebetulan berada di lokasi portal yang turut menjaga dan mengawasi, serta waspada terhadap penyebaran Covid-19, melihat ada empat mobil truck yang bukan dari Tolikara atau tinggal di Tolikara melewati portal pembatas yang di jaga oleh Tim Gugus Tugas Covid-19, yang terdiri dari pihak Medis dan Aparat TNI/Polri.

Lagi warga yang berada di lokasi merasa jengkel karena empat truck ini melintas bukan di jam kerja, dihari Sabtu lagi yang adalah hari libur,hari yang telah di sepakati oleh Tim Gugus Tugas Covid-19. Bahwa tidak boleh ada kendaraan luar yang melintasi masuk wilayah Kabupaten Tolikara.

Juga kemarahan warga bertambah karena dicurigai ada komunikasi dan kerjasama antara pihak Aparat dan Tim Medis yang bertugas di lokasi portal, yang sengaja membuka palang portal sehingga bisa masuknya empat truck tadi.

Rasa kecewa warga yang melihat hal itu, menyulut emosi meraka dan hendak membakar empat truck tadi, karena di curigai empat mobil truck tersebut bisa saja membawa virus corona masuk ke Kabupaten Tolikara.

Menyikapi kejadian tersebut Kapolsek Karubaga Ipda Ishak D. I Okoka, SE, bersama anggota Polsek Karubaga yang di bekap oleh Dangki Brimob Tolikara Iptu Suriadin, MH, dan anggotanya langsung mengamankan empat truk itu yang bermuatan barang, besama dengan sopir ke Mapolsek Karubaga untuk dimintai keterangan sehubungan dengan kejadian tersebut.

Kapolsek Karubaga menghimbau kepada masyarakat dan semua pihak yang ada di Kabupaten Tolikara agar tetap menjaga situasi keamanan aman dan kodusif,” Kejadian ini serahkan kepada pihak keamanan dan akan kami tangani secara profesional serta dan terbuka, sehingga masyarakat dapat mengetahui kejadian sebenarnya dan langkah apa yang telah dilakukan pihak keamanan dalam hal ini Polres Tolikara,” pinta Kapolsek.

Lagi tambahnya, ” kami juga akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait, baik Tim Gugus Tugas Covid -19 Kabupaten Tolikara, juga intuk truck dan para sopir akan kami amankan di Mapolsek untuk dilakukan penyelidikan oleh Unit Reskrim Polsek Karubaga diback up Sat Reskrim Polres Tolikara,” Jelas Ibda Ishak, Kapolsek Karubaga. (Nando)

News Feed