by

Sambut Hari Bakti Pemasyarakatan, Rutan Menggala Gelar Berbagai Kegiatan

-Ragam-482 views

KPK | Tulang Bawang Lampung – Dalam Rangka menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan yang ke- 56 Tahun 2020, Rutan Kelas II B Manggala Tulang Bawang, Lampung menggelar kegiatan bakti sosial dengan beberapa kegiatan sosial seperti pembagian ratusan masker kepada pengendara bermotor yang melintas di depan Kantor Rutan Kelas 2 B Manggala di Jl. Lintas Timur Bawang Latak Tulang Bawnag (Kamis, 23 april 2020).

Kegiatan di pimpin langsung oleh Kepala Rutan Kelas II B Manggala Gowim Mahali S.Sos MSi di dampingi oleh KPR setempat Dedi Raindra SH, MH , Kasubsi Pelayanan Tahanan, Rizko Sakanandi SH, Kasubsi Pengelolaan, Hasanudin SH, serta beberapa orang Staf Pengelolaan, Staf Pelayanan Tahanan dan Staf KPR Rutan II B Manggala.

Pembagian masker kepada masyarakat dan pengendara yang sedang melintasi jalanan di depan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Manggala Tulang Bawang Lampung, hal ini sebagai bentuk usaha preventif serta dukungan terhadap kebijakan Pemerintah dalam melaksanakan Pencegahan dan Pengendalian Penularan COVID-19.

Kegiatan Ini dilakukan serentak seluruh UPT Pemasyarakatan Kementrian Hukum dan HAM se – Indonesia sebagai Wujud Peduli kepada masyarakat yang membutuhkan di tengah Wabah Virus Corona.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Rutan Kelas II B Manggala, Gowim Mahali S.Sos, MSi mengatakan “bahwa ditengah mewabahnya pandemi virus Covid-19 yang saat ini membuat panik seluruh masyarakat, saya berharap agar Rutan Menggala bisa mendapatkan predikat WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) selama saya melaksankan tugas sebagai Kepala Rutan Manggala”, Ucapnya.

“Zona Integritas adalah sebutan atau predikat yang diberikan kepada K/L/P yang pimpinan dan jajarannya mempunyai niat (komitmen) untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Sesuai dengan Peraturan Menteri PAN & RB Nomor 60 tahun 2012, maka dari itu saya berharap sekali dengan Kepemimpinan saya sebagai Karutan Kelas II B Manggala yang bekerjasama dengan seluruh instasi Pemerintahan Kabupaten Tulang Bawang dan jajaran bisa mendapat Predikat tersebut”, imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut dirinya juga tidak lupa mengajak seluruh pegawai Rutan Kelas II B Manggla agar senantiasa peduli terhadap masyarakat sekitar sebagai wujud Pemasyarakatan ada untuk masyarakat dan Tetap menjaga Kesehatan serta saling mengingatkan satu sama lain.

Selain melakukan pembagian masker dan bakti sosial lainya, Rutan Kelas II B manggala menggelar dzikir bersama yang dilaksanak pada hari Minggu, 25 April 2020 bersama seluruh staf jajaran sebagai wujud keprihatinan dan keperdulian antar sesama akan adanya covid-19 agar tidak berkelanjutan dan upaya Pemerintahan dapat segera mengatasi hal ini secepatnya dan mengembalikan kembali rasa kenyamanan dan aktivitas warga seperti semula.

Seperti yang dilansir dari Webset Kemenkumham RI, peringatan ke HBP ke-56 tahun ini akan sangat berbeda karena adanya COVID-19. Namun hal tersebut tidak akan menurunkan semangat jajaran Pemasyarakatan untuk tetap memberikan pelayanan prima kepada narapidana. Dalam hal ini, semua aspek pemasyarakatan akan terus melakukan upaya-upaya dalam rangka penyelamatan, pencegahan, dan penanggulangan penyebaran COVID-19 di unit pelaksana teknis Pemasyarakatan.

Salah satu bentuk upayanya adalah program asimilasi dan integrasi. Pada 20 April 2020 sebanyak 38.822 narapidana dewasa dan anak telah dikeluarkan atau dibebaskan dari lembaga pemasyarakatan, rumah tahanan, dan lembaga pembinaan khusus anak.

News Feed