by

Realisasi DD Tahap Pertama Desa Kubu Hitu Sesuai Usulan Masyarakat

-Daerah-575 views

KoranpemberitaanKorupsi.com | Lampung Utara – Pemerintah Desa Kubu Hitu, kecamatan Sungkai Barat, kabupaten Lampung Utara alokasikan dana desa tahap Pertama.

Selain dari pembangunan fisik, dana desa yang disalurkan kepada masyarakat Desa untuk membantu mengatasi permasalahan ekonomi di Kubu hitu terbukanya kesempatan untuk masyarakat setempat bekerja sehingga, angka pengangguran di desa setempat bisa berkurang.

Seperti yang dikemukakan Pera Saputra, Kepala Desa Kubu hitu. mengatakan, realisasi Dana Desa tahap 1 tahun 2020 ini dilaksanakan

Rehap Gedung posyandu panjang 6 meter x 9 meter, Pembangunan Gedung TPA panjang 7 meter x lebar 7 meter, dan pembuatan Jambanisasi 91 unit untuk Warga yang Masih Menggunakan WC Cemplung. Alokasi dana yang diberikan harus digunakan secara konsisten dan terkendali.

Setiap kegiatan yang menggunakan alokasi Dana Desa, melalui beberapa tahapan proses perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi yang jelas dan berdasar prinsip. Segala bentuk laporan yang dibuat harus transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Tujuan Dana Desa yang disalurkan kepada masyarakat desa untuk membantu mengatasi permasalahan ekonomi di Desa, antara lain kemiskinan bisa dikurangi, angka pengangguran bisa diturunkan, laju urbanisasi bisa dihambat dan ketimpangan bisa dipersempit. Membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat desa, membantu pemerataan pembangunan dan hasilnya, membangun infrastruktur dan menciptakan peluang serta lapangan kerja baru, ” ujar Pera Saputra, Kamis (16/4/20).

Lanjutnya, untuk kegiatan Dana Desa tahap 2 yang akan datang rencananya akan di reasasikan Kepada Warga miskin Yang Belum Mendapatkan bantuan PKH dan (Bantuan pangan Non tunai (BPNT ) Yang Belum Terdata Oleh Pemerintah Pusat. dalam Realisasi Per kepala Keluarga akan Mendapatkan Bantuan Uang Tunai dari desa Sebesar 600 ribu rupiah. Ungkap nya

Semoga dengan adanya pemerataan pembangunan di Desa Kubu Hitu, akan sangat mendukung seluruh roda perekonomian yang ada dan mudah-mudahan akan membawa martabat lebih maju lagi dan akhirnya akan menjadikan warga masyarakat Kubu hitu,yang lebih baik lagi, ” pungkasnya.

Terpisah, disampaikan Ketua BPD Desa Kubu Hitu, Zainal Autat (53) mengatakan, pembangunan kegiatan yang ada di desa Kubu hitu insa allah Akan Mengikuti Aturan penunjuk RAB, Sehingga pembangunan Yang ada di desa Dapat Mendapatkan Hasil yang Berkualitas, Dan Bisa menjadi Desa percontohan untuk Desa desa lain.

“alhamdulillah insa allah semua tidak ada kendala, bisa berjalan lancar. Dana Desa adalah sejumlah anggaran dana yang diberikan kepada Desa dari pemerintah. Dana tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang merupakan sumber dari Dana Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah’. Ungkap, Zainal Autat

Senada yang diungkapkan para pekerja, Ladi dan Widodo , bahwa dengan adanya kegiatan DD di desa Kubu hitu, ini sangat membantu proses percepatan pembangunan, demi tercapainya Desa yang mandiri.

“Adanya kucuran DD yang setiap tahunnya, maka pembangunan-pembangunan di Desa ini dapat terselesaikan, sehingga dapat tercipta desa yang mandiri, ungkap pekerja. (Hamsah)

News Feed