by

Sindikat Pengedar Shabu Digibas Tim Gabungan Polsek Kotabumi Utara

-Hukam-958 views

KoranPemberitaanKorupsi.com | Lampung Utara – Dalam satu hari, jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Kotabumi Utara bersama Tim Opsnal Satresnarkoba Kepolisian Resort (Polres) Lampung Utara menangkap sembilan orang tersangka yang disinyalir sebagai penyalahguna serta mengedarkan narkotika jenis shabu. Satu diantaranya masih berstatus sebagai pelajar.

Aksi tangkap tangan jaringan pengedar dan penyalahguna narkoba tersebut bermula dari diamankannya Afrizal, (27), warga Kelurahan Tanjungaman, Kecamatan Kotabumi Selatan; dan rekannya berinisial RP, (16), yang tercatat sebagai seorang siswa di salah satu sekolah menengah atas (SMA) yang ada di Kotabumi.

Kedua tersangka ditangkap pada Sabtu malam, 21 Maret 2020, sekitar pukul 19.00 WIB, di depan salah satu tempat ibadah yang berada di Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Kotabumi, Lampung Utara, dengan barang bukti berupa satu paket klip ukuran kecil berisikan butiran kristal bening yang diduga kuat narkotika jenis shabu dengan berat bruto ± 0,24 gram.

Usai menagkap kedua tersangka, anggota Polsek Kotabumi Utara bersama Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Lampura melakukan pengembangan.

Hasilnya, sekitar pukul 21.00 WIB, tim menggerebek tersangka Ade Sumantri alias Wandek, (41), warga Desa Gedungraja, Kecamatan Hulusungkai.

Disampaikan Kapolsek Kotabumi Utara, Iptu. Rukmanizar, mewakili Kapolres Lampura, AKBP. Bambang Yudho Martono, membenarkan, tersangka Wandek ditangkap jajarannya saat sedang berada di seputaran jalan Bukitpesagi, Kelurahan Kotaalam, kabupaten setempat.

“Benar, tersangka kami amankan di TKP dengan dugaan hendak melakukan transaksi narkoba jenis shabu,” terang Iptu. Rukmanizar, kepada Media. Minggu, 22 Maret 2020, melalui siaran persnya.

Diuraikan Rukmanizar lebih lanjut, dari tangan tersangka didapati barang bukti (BB) berupa delapan paket klip berisikan butiran kristal bening yang diduga kuat narkotika jenis shabu dengan berat total bruto ± 1,40 gram serta BB penyerta lainnya.

Tak sampai disitu, tim pemburu sindikat narkoba ini juga mengamankan Heri Septiawan, (27), warga Kelurahan Tanjungseneng, Kecamatan Kotabumi Selatan, sekitar pukul 22.30 WIB.

“Anggota juga melakukan penangkapan selanjutnya atas tersangka Heri Septiawan,” ujar Rukmanizar.

Dikatakannya, tersangka Heri Septiawan diamankan di seputaran jalan Kapten Mustofa.

“BB yang turut disita berupa dua paket kecil yang disinyalir shabu-shabu dengan berat total bruto ± 0,31 gram dan satu plastik klip,” kata Rukmanizar.

Pengejaran dan penangkapan atas pengedar narkoba selanjutnya, masih kata Rukmanizar, berlanjut pada pukul 23.00 WIB.

“Tim gabungan juga menangkap dua tersangka lainnya,” tuturnya seraya menyampaikan identitas keduanya, yakni Sunaryo, (28), dan rekannya Hendrik Irawan, (26), warga Kelurahan Tanjungseneng.

Dari kedua tersangka turut disita BB, berupa dua paket klip yang diduga sabu dengan beratbruto ± 0,32 gram beserta alat penyerta lainnya.

Rukmanizar juga menyampaikan, sekitar pukul 22.00 WIB, tim gabungan juga menangkap tiga tersangka lainnya, yakni Khairudin, (50), Dedeh Irawan, (41), serta Sutimin, (41).

“Dari ketiga tersangka ini, BB yang disita berupa satu paket yang juga disinyalir shabu-shabu dengan berat bruto ± 0,38 gram,” katanya.

Saat ini, lanjut Rukmanizar, kesembilan tersangka dan barang bukti telah diamankan dan dilimpahkan ke Satresnarkoba Polres Lampung Utara untuk dilakukan pemeriksaan guna pengembangan lebih lanjut.

“Kepada para tersangka akan dijerat dengan pasal 112 ayat (1) dan/atau pasal 114 ayat (1) UU RI No.35 tahun 2009, tentang Narkotika,” pungkas Rukmanizar. (ar/Hamsah)

News Feed