by

Kades Mekar Asri Buatkan Sertipikat PTSL Tanpa Biaya

-Daerah-651 views

KoranPemberitaanKorupsi.com | Lampung utara – Masih banyaknya tanah yang tak bersertifikat pun mendorong pemerintah untuk memberikan sertifikat tanah gratis pada masyarakat Indonesia.Program ini dikenal sebagai Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).Tanah yang tak didaftarkan pada badan pertanahan Di kabupaten setempat.

PTSL atau Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ialah kegiatan pendaftaran tanah untuk pertama kalinya.

Dilansir dari Badan pertanahan (BPN).kegiatan PTSL dilakukan serentak di seluruh Indonesia bagi semua obyek pendaftaran tanah yang belum pernah terdaftar dalam suatu wilayah desa/kelurahan atau yang setingkat dengan itu.

Program yang telah bergulir sejak awal 2018 ini direncanakan akan berlangsung hingga tahun 2025.

Segala hal yang berkaitan dengan PTSL sendiri telah dituangkan dalam Inpres No. 2 Tahun 2018 tentang Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Seluruh Wilayah Republik Indonesia.

Tanah-tanah warga Indonesia ternyata masih banyak yang belum memiliki surat-surat/sertifikat kepemilikan yang sah.

Akan tetapi di dalam kegitan sosialisasi terkait program PTSL.kepala desa mekar Asri kecamatan sungkai tengah Heri putra wijaya saat di mintai keterangan diruangan kerjanya Rabo 18-03-2020.

Di dalam pendaftaran sertipikat PTSL ditahun ini sebanyak 150 buku untuk sementara ini Dan Alhamdulilah masyarakat desa khususnya desa mekar Asri. tidak sama sekali saya kenakan beban/Biyaya Adapun Administrasi yang berbentuk mata uang insyallah biyaya semuanya saya tanggung memakai uang pribadi saya jadi warga yang mendapatkan sertifikat secara geratis tanpa di pintai untuk pendanaan.

Dilanjutkanya Heri.saya berharap terhadap warga desa supaya adanya program PTSL tahun ini antara warga terhadapa pemerintah desa agar sekiranya dapat saling mendukung saling mendoakan supaya program ini bisa berjalan tanpa ada kendala.bagi warga yang belum terdaftar jangan berkecil hati dan cemburu sosial.saya selaku kepala desa mekar asri akan berusaha dan berupaya di tahun kedepanya desa kita mendapatkan program PTSL kembali sampai warga desa semuanya memiliki setifikat yang sah.tegasnya

“heri menambahkan.sekiranya warga yang sudah terdaftar atau yang belum terdaftar agar sekinya sabar sampai semuanya terelisasi dengan sesuai harapan kita bersama.karena semuanya melalui proses berjalan. untuk Adminiterasi kita Alhamdulilah saya tidak mengenakan biyaya. paparnya (Aan S.T)

News Feed