by

Gapoktan Desa Sumber Makmur Sp 12 Mesuji  Laksanakan Program Serasi

-Ekonomi-312 views

KPK | Mesuji Lampung – Program SERASI (Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani) merupakan program dari Kementerian Pertanian yang bertujuan untuk meningkatkan produktifitas, dan meningkatkan partisipasi kelompoktani dan gapoktan, dengan sasaran utama adalah swasembada pangan dan swasembada berkelanjutan dengan pemanfaatan lahan rawa.

Program SERASI ini dilaksanakan untuk memanfaatkan lahan rawa, dimana lahan rawa sangat marjinal dan rapuh sehingga tumbuhan tidak dapat tumbuh dengan baik. 

 Bila dikelola, lahan rawa diharapkan mampu meningkatkan produksi padi dan target Indonesia Lumbung Pangan Dunia Tahun 2045 dapat tercapai. Desa Sumber Makmur Sp 12 Kecamatan Mesuji, Kabupaten Mesuji propinsi Lampung .Di Tahun 2019 yg lalu mendapatkan Bantuan Serasi  seluas 650 hektar dialokasikan Untuk kegiatan pembangunan Pintu Air elbo sebanyak 28 unit ,pembuatan gorong gorong 71 titik dan Pembuatan galian Saluran Cacing 5000 meter serta Pembelian Pupuk Npk sebanyak  55 ton ,” Demikian di ungkapkan Budi Saptanto Ketua Gapoktan Sumber Tani kepada wartawan Media ini.

Masih kata Budi untuk tiap anggota kelompok Tani mendapatkan pupuk Npk 2 sak seberat 50 kg / karung dan Pupuk organik cair 8 botol perhektar serta Pupuk merek biotan 6 botol untuk 19 kelompok Tani,” ujarnya.

Alhamdulillah Program kementrian pertanian ini sdh kami laksanakan dengan Sukses dan Lancar. Saya mengucapkan Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten, propinsi dan Pusat dengan adanya bantuan ini para petani sangat terbantu bila sebelumnya hanya satu kali panen dalam satu tahun kini tentu bisa dua kali panen dan hasil panennya pun sudah bisa mencapai 7 ton/hektar .di tahun 2020 ini kami berharap agar kiranya dapat bantuan Jalan Usaha Tani dan akses jalan poros Desa ini pun agar bisa diperbaiki karena akses kedua Jalan tersebut merupakan Jantung petani untuk mengeluarkan hasil Panen. Kepada para kelompok tani juga sy menghimbau agar bantuan dari Pemerintah dapat di jaga dan di rawat bersama, ” Tegasnya.

Hal senada juga di katakan Iwan selaku PPL (Petugas Penyuluhan Lapangan)  sangat mengharapkan kekompakan para anggota kelompok Tani untuk merawat dan menjaga bantuan yg sdh di kucurkan Pemerintah. Terutama Untuk merawat Saluran air baik tersier, primer ataupun sekunder karena irigasi disini irigasi pasang surut. ditambahkannya, ” dengan adanya berbagai perogram Pemerintah Antusias petani Cukup tinggi yang tadinya Lahan Sawit seluas 300 hektar sekarang sudah dialih fungsi Lahan ke persawahan,” jelasnya. (Tabrani)

News Feed