by

Pembangunan Poliklinik Biak Numfor Termodern di Papua

-Daerah-952 views

KPK | Biak, Papua – Pembangunan gedung Polik Klinik dan IGD berbasis digital yang termoderen di Papua yang di bangun tepatnya di depan halaman RSUD Biak, saat ini memasuki tahap akhir (finishing), serta direncanakan akan diresmikan pada awal atau pertengahan maret mendatang.

Saat jumpa pers bersama direktur RSUD Biak Numfor di ruang kerja direktur, Selasa(11/2/20) kepada awak media ini dirinya tidak berhenti menyampaikan syukur dan terima kasih kepada Tuhan karena cinta dan kasihnya akhirnya RSUD Biak pun mendapat fasilitas gedung yang mewah, yang mana semuanya serba digital nantinya, dan jelas ini akan membantu peningkatan pelayanan kesehatan di RSUD Biak Numfor semakin baik dan semakin terukur konsentrasi tingkat pelayanan terhadap pasien.’ Bilang direktur.

Tujuan dari pembangunan Polik Klinik dan juga IGD ini adalah, agar masyarakat di kabupaten Biak Numfor yang hendak berobat harus merasa nyaman serta mempunyai harapan dengan pelayanan yang didapatkan. Karena ruangan yang nyaman tentunya berdampak pada kesembuhan pasien secara psikologis

Kita juga sudah lama mengusulkan pembangunan Polik Klinik ini tapi tidak ada tanggapan. Syukur usulan dan permintaan yang kelima kali barulah diterima. Juga kita terus berupaya agar masyarakat kita ini bisa menikmati fasilitas pelayanan yang memadai dengan teknologi yang luar biasa seperti yang di nikmati oleh Saudara-saudara kita di Indonesia bagian barat sana. Lagi disamping itupulah dapat mengurangi penggunaan waktu yang berlebihan. “Tutur direk”

Lagi dirinya menambahkan bahwa masyarakat Biak Numfor ini merupakan bagian integral dari negara kesatuan republik Indonesia, mereka juga masyarakat dunia yang perlu mendapat pelayanan yang baik. Hal inipulah lah yang membuat kita bekerjasama dengan pemerintah kabupaten Biak Numfor, untuk menghadirkan suatu fasilitas yang baru dan layak dipakai dan digunakan untuk membantu dan menolong masyarakat.
” Saya sampaikan juga bahwa Polik Klinik ini merupakan Polik Klinik termoderen di Papua sebab semuanya nanti serba digital.

Kalau yang sekarang kita gunakan ini untuk fasilitasnya masih kurang dan pelayanannya pun belum sempurna, tetapi nanti digedung yang baru ini semuanya ditangani dan diselesaikan di dalam gedung yang sama. Jadi masyarakat hanya duduk santai menikmati TV dan semua itu akan dikerjakan oleh sistem kita,  One Stap Servis.

Lagi di Polik Klinik yang baru ini dokter melakukan pemeriksaan  lalu hasil pemeriksaan itu dikirim lewat komputer dan langsung terbaca semuanya.
Pasien tinggal jalan Kira-kira tiga puluh meter dari tempat pengambilan sampel dan hasil ini tidak perlu diantar lagi ke laboratorium karena tinggal dikirim menggunakan komputer, dan akan terbaca langsung oleh dokter.” Ujar Rikardo

Ditambahkan pimpinan RSUD Biak Numfor katanya; Poliklinik berbasis digital ini kalau mau dilihat mungkin yang pertama kali di Papua, bahkan untuk Indonesia Timur hanya ada di Biak Numfor dan ini tidak bisa disaingi oleh RS lainnya di Papua, khususnya RSUD pemerintah yang ada di seluruh tanah Papua dan juga Papua Barat.

Jadi jangan lagi masyarakat mengatakan bahwa kita tidak menginginkan Polik Klinik seperti itu, sehingga saya menghimbau kepada masyarakat kita di Biak Numfor agar mempersiapkan diri untuk menerima Era Baru seperti ini,” ucap Ricardo.

Dengan adanya Visi dan Misi Bupati yang begitu luar biasa, semangat beliau yang luar biasa hebatnya sehingga mau memberikan kemajuan dibidang pelayanan publik di kabupaten Biak Numfor.

Direktur RSUD Biak Numfor mengungkapkan rasa syukur dan terimakasi kepada Tuhan karna telah mendapat kesempatan ini, rasa terima kasih pulah disampaikan kepada pemerintah Republik Indonesia melalui dinas kesehatan bahwa pada saat ini kita punya Polik Klinik yang begitu luar biasa megahnya, hal ini juga tidak terlepas dari anugrah Tuhan kepada kita yang dapat dinikmati oleh masyarakat Biak Numfor dan masyarakat di teluk Saireri secara keseluruhan.

Karna RSUD Biak Numfor merupakan Rumah Sakit Rujukan untuk Teluk Saireri, karna RSUD Biak merupakan salah satu RSUD Rujukan yang ada di Papua, yang sudah terakreditasi dengan pengargaan Bintang Empat.
Untuk itu sebagai masyarakat Biak seharusnya kita bangga karena mempunyai fasilitas yang serba megah seperti ini. “bilang Rikardo”

Lagi menurutnya; untuk bangunan Polik Klinik itu sendiri direncanakan rampungnya pada bulan Maret dan peresmiannya pertengahan atau akhir maret nanti.

Kemungkinan bersamaan dengan gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD), Gedung IGD itu sendiri merupakan Hiba dari pemerintah provinsi Papua dalam hal ini dinas kesehatan.

Kita tinggal terima jadi, tetapi itu tidak terlepas juga dari dinkes yang mengembangkan RSUD- RSUD regional ini, dan hal inipulah sudah dibicarakan bersama juga akan terus berlanjut guna mendukung pengembangan RSUD Biak Numfor sampai dengan tahun 2024 mendatang.
Dalam tahun ini akan dibangun lagi dua gedung dibelakang, dan pengembangan sarana gedung ini akan berlanjut terus sampai tahun 2024, dan itu adalah kebijakan gubernur provinsi Papua, bapak Lukas Enembe, S.I.P., M.H.’ ujar direk’

Dengan pengembangan RSUD – RSUD rujukan regional di beberapa wilayah di Indonesia adalah sebuah komitmen negara, dalam hal ini Kementrian Kesehatan dalam menata mutu dan kwalitas pelayanan kesehatan di Indonesia secara menyeluruh, transparan lagi berbasis komputeresasi. RSUD rujukan di Papua merupakan jejaring Rumah Sakit tertinggi di Papua.

Berbicara mengenai Akreditasi Rumah Sakit, kami mendapat Akreditasi dengan nilai B, dan sudah merahi Empat Bintang. Lagi katanya untuk Akreditasi itu merupakan Standar Pelayanan, Standar Pelayanan yang kita terapkan adalah menuju kepada peningkatan mutu dan keslamatan pasien. Standar pelayanan yang sudah kita rebut yaitu Akreditasi versi 2012,  Melalui Komisi Akreditasi Rumah Sakit Indonesia dan kita sudah lulus. Kemudian pada versi tahun 2017  bulan november, tahun lalu diverifikasi ulang lagi bahwa kita masih berada pada standar itu pada tahun 2019,  sekarang kita baru diverifikasi yang kedua kali, masuk pada standar pelayanan itu kita lolos, lalu pada tahun ini RSUD Biak akan menjalani lagi survei Akreditasi Rumah Sakit, versi standar Akrediatadi Rumah Sakit Nasional 1.1,  itu versi baru yang akan kita ikuti pada bulan november nanti. ‘Tutur Mayor’.

Sesuai permintahan Mentri Kesehatan Republik Indonesia bahwa Biak dan juga RSUD regional di Papua harus merahi Bintang Lima Paripurna sesuai instruksi, sehingga dalam tahun ini kita berupaya mempersiapkan diri dengan sebaik baiknya sampai dengan bulan november  mendatang.
Kita juga akan terus berupaya untuk  merahi Bintang Lima tersebut dan kalau kita lolos maka RSUD Biak Numfor dapat dikatakan sudah memenuhi dan sudah mencapai standar Rumah Sakit Nasional.” Pungkas direktur”. * Herikson***

News Feed