by

Masih Menunggu, Gudang Beku Dinas Perikanan Biak Siap Dipakai

-Daerah-818 views

KPK | Biak, Papua – Demikian keterangan Kepala Dinas Perikanan Biak, Effendi Igirissa, S.pi, MM, kepada awak media saat bertamu di rumahnya. Sabtu, (8/2/20)

Dirinya Effendi mengatakan bahwa Gudang Beku atau pendingin (coolstorik) ini akan di operasikan di akhir Maret, sebab di bulan Februari ini kita fokus pada Persiapan-persiapan. Baik persiapan Alat Tangkap, persiapan Kapal, persiapan para Nelayan dan lain sebagainya.

“Gudang beku tempat penampungan ikan ini di maksudkan agar dapat memudahkan para Nelayan untuk tidak bersusah-susah lagi membawa hasil tangkapannya ke pasar dan menunggu pembeli, tetapi dengan adanya gudang beku penampungan, ini akan sangat membantu masyarakat untuk langsung bisa menikmati hasil tangkapannya dengan cepat. Jadi masyarakat hanya tau membawa hasil tangkapannya kemari karena sudah ada pembeli atau penada (Investor) yang telah siap dan stand by selalu di pasar untuk membeli dan memborong ikan yang di bawa oleh para nelayan. Lagi gudang beku penampungan ini berkapasitas 200 ton, dan bisa menampung ikan seberat 180-200 ton ikan. “Terang kadis.”

Ketika ditanya bangaimana cara memasarkan ikan yang nantinya di tampung dalam jumlah yang begitu banyak dan apa tujuannya, dirinya kadis mengatakan; Kalau soal pemasaran saya kira sudah jelas, itu tugas Investor, mereka yang mengetahui seluk beluk pasar dan bagaimana cara memasarkannya. Untuk jelasnya Ikan-ikan dari hasil penampungan tersebut tidak dipasarkan disini tetapi di luar Papua. Itu yang saya ketahui, karena mereka ini, Investor-investor ini keduanya dari luar Papua, yang satunya dari Manado, dan satunya lagi dari Ujung Pandang. Jadi kemungkinan semua hasil penampungan ini akan di fokuskan di luar Papua dan itu yang saya dengar dari mereka.” Bilang Effendi.

Katika ditanya lagi tentang persediaan ikan yang disiapkan untuk konsumsi para atlit PON nanti, dirinya Kadis menambahkan bahwa, mengenai hal itu tidak perluh di khawatirkan karena persediaan ikan untuk kegiatan PON ke- XX yang akan terselenggara pada tgl 20 Oktober sampai dengan 2 November 2020, untuk stok ikan itu di jamin Effendi tidak ada masalah, kami dinas menjamin itu dan untuk stok ikan yang akan dikirim, kami lebih mengutamakan kwalitasnya, tentunya Ikan-ikan segar yang akan kami dahulukan untuk di konsumsi oleh para Atlit – atlit PON itu.

Pria yang akrap di panggil Effendi ini juga berharap, agar dengan adanya bangunan gudang beku ini serta keseriusan para investor yang ingin membuka saham dan menawarkan modal, kiranya nanti dapat menambah Pengasilan Asli Daerah(PAD)dan dapat memberikan keuntungan juga bagi masyarakat, terutama bagi para nelayan yang mau bekerja keras demi kehidupan ekonominya yang jauh lebih baik lagi.☆ (Nando)☆

News Feed