by

Personil Terbatas, Basarnas Biak Tetap Layani Masyarakat

-Ragam-423 views

KPK | Biak, Papua – Kepala Badan SAR Nasional Biak Numfor, Melkianus Kotta, S.Sos, di ruang santai lantai dua kantor Basarnas Biak, kepada awak media saat jumpa pers menyampaikan beberapa hal menyangkut Tugas Pokok dan Fungsi dari BASARNAS

“Sesuai Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2016 tentang Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, memiliki tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pencarian dan pertolongan. Serta pelaksanaan kebijakan di bidang penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan, pembinaan tenaga dan potensi, sarana dan prasarana dan sistem komunikasi kita semuanya orientasi kita kepada penyelamatan manusia dengan sistem komando dari pusat.

Kita menyadari walaupun dengan keterbatasan jumlah personil kita untuk wilayah kerja kita yang cukup luas, namun tidak pernah terabaikan sedikitpun ketika ada informasi dari masyarakat kepada kita menyangkut penyelamatan, pastinya kita bergerak cepat untuk memastikan nyawa mereka tertolong. Intinya harus ada informasi dari masyarakat secepat mungkin agar kita bisa berkordinasi dan mengambil langkah-langkah penyelamatan sesegera mungkin. “Tutur Melkianus”

Dirinya menambahkan bahwa BASARNAS Biak masih membutuhkan jumlah personil tambahan, karena mengingat wilayah kerjanya yang cukup luas yang mana meliputi; Biak, Supiori, Waropen, Yapen, Serui, Nabire, Paniai dan Enarotali. Masing- masing Pos di wilayahnya di tempatkan 6 sampai 8 Personil yang selalu siap siaga dalam merespon setiap informasi dari masyarakat.

Lagi dirinya juga turut memberikan apresiasi kepada TNI/Polri yang selalu memberikan dukungan dan partisipasi yang luar biasa, tidak hanya sekedar kordinasi, tetapi tindakan nyata yang penuh semangat kesatuan dalam melakukan pelayanan penyelamatan itu sangatlah nampak sekali.

“Saya kira kalau TNI/Polri itu kalau soal pelayanan yang sifatnya penyelamatan, itu tidak perluh diragukan lagi, dan mereka 2×24 jam selalu stand by di tempat, lagian kan di TNI/Polri itu ada tiem khusus yang sudah di bentuk untuk mengantisipasi Persoalan-persoalan bencana, apapun bencana itu mereka pasti berpartisipasi aktif ketika kami membutuhkan mereka pasti siap.’ Bilang Kepala Basarnas Biak’.

Melkianus Kotta, pria kelahiran 1976 ini, kepada awak media di ruang santai mengatakan; bahwa peran BASARNAS Biak dalam hal penyelamatan nyawa manusia lebih banyak di laut, mengingat Biak daerah kepulauan, sehingga biasanya informasi yang di peroleh adalah kecelakaan para nelayan dan juga para penyeberang dari Pulau ke Pulau.

” Kita juga tidak menutup mata bagi korban pengendara di jalanan, asal ada informasi pastinya kita ambil tindakan pertolongan dan penyelamatan. Jadi informasi dan komunikasi itu sangatlah penting. Kami berharap masyarakat juga dapat berperan serta membantu kami dengan cara memberikan informasi ketika berada di tempat kejadian, atau mengetahui adanya musibah itu segera melapor kepada kami.’ “Pungkas Melki.”

Ketika di tanya awak media tentang keterliban dan peran pemerintah daerah dalam menangani dan menanggulangi bencana yang biasanya terjadi, dirinya mengatakan bahwa perhatian dan partisipasi pemerintah daerah terhadap bencana itu sungguh sangatlah besar, kordinasi dan komunikasi tidak pernah putus, apalagi ketika ada informasi musibah, perhatian pemeritah setempat sangatlah nyata di lihat dan di rasakan.~ (Nando)~

News Feed