by

Yakob Dude Minta Anak Daerah yang Maju Pilkada di Mamberamo Raya

-Politik-767 views

KPK | Jayapura Papua – Ondoafi suku kampung Papasena Distrik Mamberamo Hulu kabupaten Mamberamo Raya, kepada koran pemberitaan korupsi (KPK) siang tadi di Sentani (25/01) berkomentar terkait Pilkada di daerahnya sendiri yang pelaksanaannya pada 2020, tahun ini.

Lelaki berpostur tinggi besar dari suku Batero di kawasan Mamberamo Foja bernama Yakob Jack Dude, di hadapan wartawan KPK menyerukan masyarakatnya beserta para tokoh adat yang ada di Mamberamo Raya, supaya tidak tergiur memilih calon kepala daerah yang bukan anak asli daerah.

“Saya serukan khususnya masyarakat adat yang ada di Mamberamo Raya, baik semua suku yang ada termasuk masyarakat campuran yang berasal dari suku-suku Mamta dan Pesisiran Saireri dan yang lain, tolong agar menghargai kami anak adat asli pemilik dusun dan negeri Mamberamo Raya.

Kalian bukan suku asli pemilik dusun di Mamberamo Raya, tapi karena merasa punya uang dan mungkin punya koneksi politik dengan elit-elit politik tertentu, sehinga mau berambisi lagi buat ikut maju Pilkada di daerah kami. Harus sadar diri dong!.

Biarkan kami sendiri yang bangkit dan maju pimpin negeri kami. Masih ada figur-figur putera asli Mamberamo Raya juga yang cerdas dan berpengalaman yang bisa pimpin daerah kami, jadi saya mohon saudara-saudara yang bukan orang asli Mamberamo Raya supaya menahan diri dan punya pengertian.” Ujar Yakob.

Ondo Dude menambahkan, dia sangat meminta serta mengharapkan kerja sama para tokoh adat, LMA dan Kepala Suku yang berada di Mamberamo Raya, untuk bersatu membangun komitmen terhadap fenomena itu.

Yakob yang juga kerap disapa Jack ini bahkan meminta tuntutannya itu diperhatikan para figur ketua Parpol yang ada di Mamberamo Raya, termasuk di Papua dan di Pusat untuk menanggapi dengan hati nurani unek-unek yang disampaikannya.

Hal tersebut juga diungkapkannya ditujukan kepada ketua KPU kabupaten Mamberamo Raya, selaku Komisi Penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah.

“Saya secara pribadi dan bersama masyarakat adat Papasena dan suku Batero, juga bersama semua elemen masyarakat adat yang sependapat dengan pikiran saya, kami sangat meminta dan mengharapkan para tokoh adat dan kepala-kepala suku beserta LMA yang ada di kabupaten Mamberamo Raya, supaya bersatu dan rapatkan barisan serta komitmen.

Begitu pun kepada masyarakat campuran yang tinggal di negeri kami Mamberamo Raya, baik yang dari Mamberamo-Tabi sendiri, bagian Saireri, termasuk dari daerah lain di Papua dan dari luar Papua, saya serukan supaya tolong berkomitmen bersama mendukung putera asli daerah Mamberamo Raya saja untuk maju.

Masih ada anak-anak asli daerah Mamberamo Raya yang sudah cerdas, mampu dan punya banyak pengalaman, jadi jangan kita tergiur pilih bakal calon yang bukan orang asli Mamberamo Raya.

Jangan lihat uangnya!, jangan lihat koneksi atau relasi politiknya dengan elit-elit politik tertentu!, tapi mari lihat figur anak asli daerah Mamberamo Raya yang bisa membangun.

Tak mungkin kan?, kita pergi masuk ke orang lain punya dusun untuk berkarya di situ. Siapa pun pasti marah dan komplain dengan dusunnya, karena secara mendasar dan secara alami itu adalah hak asasinya. Ingat!, ini Otsus, jadi kami orang Mamberamo Raya juga harus jadi tuan di negeri kami sendiri.

Jadi hal ini saya minta untuk dipahami secara baik. Sosok yang ambisi mau maju di daerah kami pun saya mohon pengertiannya. Siapa pun anda, kalau marga anda saja sudah jelas bukan putera asli daerah Mamberamo Raya, anda sebenarnya harus merasa malu dan tahu diri.

Yang terakhir dari saya, ya saya minta para ketua Parpol yang membuka peluang atau Desk Pilkada bagi balon Bupati dan Wabup untuk Mamberamo Raya, harus bisa memahami isi hati kami orang asli Mamberamo Raya.

Tolong lihat, seleksi dan putuskan serta tetapkan SK dan Rekomendasi bagi anak asli daerah Mamberamo Raya saja. Saya berharap, semoga tidak ada unsur Money Politik dan Kekuasaan atau ada intervensi politik untuk sengaja menempatkan sosok bukan anak asli Mamberamo Raya di daerah kami, untuk ikut bertarung dalam kontestasi pilkada mendatang!. ” Seru Yakob Dude tegas. Penulis : Jeffry, JRW.

News Feed