by

KM Mamberamo Foja Siap Diresmikan Dinas Perhubungan Biak Numfor

-Daerah-1,139 views

KPK | Biak, Papua – Diawal awal tahun 2020, dinas perhubungan kabupaten Biak Numfor telah menambahkan satu unit kapal penumpang yang akan beroperasi di wilayah kepulauan Biak Numfor.

“Kapal yang sudah beroperasi di wilayah perairan Biak yakni, Sabuk Nusantara 63 yang hingga kini masih melayani masyarakat, itupun belum cukup sehingga dengan jeri payah, kami mengusulkan ke Kementrian Perhubungan di Pusat untuk menambahkan satu unit Kapal Motor Penyeberangan (KMP), dengan nama Mamberamo Foja.

Dengan route yang akan ditempu, Biak Bromsi  dan Mamberamo. Itupun  direncanakan akan melayani Pulau pulau yang lain, seperti Pulau Undi, Pasi, Pai dan lain lain. Dengan jadwal keberangkatan yakni hari Sabtu dan Minggu serta kapal tersebut direncanakan akan diresmikan pada tanggal 25 januari 2020. Tutur kadis di ruang kerjanya, senin(20/01/2020)

“Sebenarnya kita launcing tanggal 11, tetapi karna bapak Bupati tidak ada  ditempat, sehingga kami majukan ke tanggal 18, itupun tidak jadi lagi. Terakhir yang menjadi harapan saya kalau bisa tanggal 25 yang sudah direncanakan ini bisa terlaksana segera.

Karna kalau belum saya yang akan ditegur oleh Kementrian Perhubungan. Lagi demi kepentingan masyarakat kita di kepulauan ini, marilah kita luangkan waktu untuk datang tgl 25 hari sabtu ini guna menyaksikan bersama-sama acara Peresmian (KMP) Mamberamo Foja, kaitan dengan acara peresmian ini maka, saya menghimbau kepada seluruh SKPD dan BUMN untuk turut hadir menyaksikan   Peresmian Kapal Motor penyeberangan Mamberamo Foja di Pulau Bromsi nanti. Ucap Fransisko (kadis).

Dirinya berpesan kepada masyarakat agar dengan adanya penambahan Kapal Motor Penyeberangan Mamberamo Foja ini, masyarakat dapat turut serta dalam menjaga keamanan dan kebersihan kapal, dan juga kepada petugas yg nantinya dikerjakan di kapal, dirinya (kadis)mengharapkan supaya itu kapal di jaga baik baik demi kepentingan kita bersama.

Karena maju dan berkembangnya masyarakat kita dalam bidang ekonomi tentunya harus didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai, salah satunya adalah alat transportasi kapal laut yang dapat memudahkan masyarakat kita untuk melakukan aktifitas mereka secara cepat sesuai dengan apa yang telah mereka rencanakan.

Lagi kadis mengatakan; dari penambahan kapal tersebut diharapkan mampu melayani masyarakat kita yang ada dikepulauan dengan biaya tiket yang murah, untuk tiket dewasa senilai 30,000 ribuh rupiah dan anak anak 20,000 ribuh rupiah dengan harga yang relevan murah, maka dengan demikian akan ada banyak pengunjung. Baik dari daerah maupun luar daerah dan juga kepulauan karena merupakan zona wisata alam yang tentunya akan menarik banyak wisatawan dan pengunjung asing.

“Kami mengamati bahwa Pulau Bromsi merupakan Pulau yang dijadikan sebagai hak Ekonomi, dan Samber Pasi dapat kita jadikan sebagai hak Wisata yang harus  diperhatikan, sehingga dengan kehadiran Kapal Motor penyeberangan ini dapat mempermudah akses bagi masyarakat kita, yang tadinya harga barang dipasaran mahal dapat menjadi murah dikarenakan akses lautnya yang sudah lancar.

Itupun juga tidak menutup kemungkinan bagi masyarak Biak pada umumnya dan bagi siapa saja yg ingin melihat keindahan laut dan pesisir pulau yang terbentang di perairan Biak dapat menjadi mudah karena akses penyeberangannya sudah kami siapkan.

“Pemikiran-pemikiran saya ini diharapkan dapat membantu mempermudah masyarakat kita di kepulauan, karena kesempatan yang di berikan dan dipercayakan tujuannya adalah untuk melayani masyarakat. Tetapi juga kita Pemerintah, adalah merupakan wakil Allah di dunia ini, jadi berikanlah yang terbaik kepada masyarakat demi kelangsungan hidup dan kehidupan yang lebih bermakna. Tutur kadis mengakhiri.” (Herison)

News Feed