by

Puluhan Warga Keluhkan Penutupan Jalan Pasar Mangkikit

-Daerah-220 views

Koranpemberitaankorupsi.com | Sampit, Kotim/Kalteng – Sedikitnya puluhan warga keluhkan adanya jalan yang masuk wilayah Pasar Mangkikit , yang tarletak tidak jauh dari Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM ) Kelurahan Mentawabaru Ketapang Kecamatan Mentawa baru Ketapang Kabupaten Kotawaringin Timur (KOTIM).

Warga yang biasanya beraktifitas keluar masuk kepasar tersebut saat ini tidak bisa melewati dan ditutup lantaran ada pembangunan baru yang dibangun pasar, masih belum diketahui lantaran pengerjaanyapun saat ini terlihat macet dan tidak ada aktifitas sehingga menjadi pertanyaan warga sekitar , kapan akan dibuka atau kapan akan selesai bangunan tersebut dengan harapan akses jalan tersebut bisa dibuka kembali seperti biasa.”

Uideo (50) tahun salah satu tokoh masarakat, kepada tim media KPK ketika ditemui dirumahnya Kamis 15/01/2020 ,sekitar pukul 02.00 Wib mengatakan, saya berharap kepada pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur berpihak kepada masyarakat , dan mendengar keluhan masyarakat terkait dengan adanya penutupan akses jalan itu, karna kalau saya lihat penutupanya bukan bersifat sementara, kalau pun ini hanya ditutup sementara, ada pengerjaan proyek tersebut, dan penutupannya hanya menggunakan pagar seng saja, akan tetapi dengan penutupan yang kali ini bukan ditutup menggunakan seng, melainkan ditutup secara permanen menggunakan tembok yang diduga akan ditutup selama lamanya,terang Uideo.

Bukan sampai disitu saja ujar Uidao, saya telah menerima beberapa tanda tangan protes keras dari para pedagang pasar mangkikit, yang meminta agar penutupan axses jalan tersebut bisa dibuka kembali dan para pedagang maupun warga lainya dapat beraktifitas keluar masuk melalui jalan tersebut ,dan kita sekaligus akan berkordinasi kepada pihak yang terkait dan yang membidangi masalah kegiatan tersebut agar tidak miskomonikasi yang mengakibatkan kekerasan maupun masalah baru, akan tetapi apa bila hal tersebut tidak ada tindakan dari pihak yang terkait maupun pihak Pemerintah Daerah, Kabupaten Kotim , jangan salah kalau nantinya saya akan melakukan demo bersama warga yang merasa dirugikan dan sekaligus upaya bongkar paksa terhadap penutupan akses jalan tersebut,ungkap Uideo.

Menindak lanjuti keluhan masyarakat diarea pasar mangkikit, Jum at, 16/01/2020. Tim media KPK juga melakukan konfirmasi ke kepada Dinas Perdagangan dan Perindustrian ( DISPRINDAGSAR ) Kabupaten Kotawaringin Timur,. Melalui Kabid Dinas Perdagangan dan Perindustrian . M. Taher. Diruang kerjanya mengatakan dan sekaligus membenarkan, memang benar ada masalah dari berbagai warga yang komplin terkait penutupan jalan masuk yang menuju pasar mangkikit itu, bahkan sudah beberapa kali kita mediasikan kepada pihaknya agar soal penutupan akses jalan tersebut menjadi pertimbangan dan itu terkait dengan kepentingan orang banyak ,akan tetapi dari pihak PT itu sendiri bersikeras dan ngotot tetap akan ditutup maka dari itu permasalahan tersebut hingga saat ini masalah tersebut masih alot.

Bukan disitu saja yang disampaikan M. Taher, kita juga sudah mendatangkan Ombosman, propinsi Kalimantan Tengah ,dan sekaligus kita pertemukan kepada masyarakat sekitar pasar mangkikit, guna penyelesaian masalah tersebut, akan tetapi hingga saat ini masih muncul gejolak terhadap masyarakat, kita juga pernah menemui masyarakatnya langsung bahkan masyarakat itu sampai dibikinkan surat perjanjian terkait penutupan maupun pembongkaran bahan bahan bangunan yang ada disitu sekaligus tidak akan menuntut apa apa meskipun warga terkena atau ada masalah terkait bangunan yang sedang dalam pembangunan tersebut, misalkan kejatuhan bahan bangunan atau kena pecahan kaca akan ditanggung sendiri oleh masing masing warga , dan warga tetap meminta akses jalan tersebut kembali dibuka seperti sedia kala, ujar M.Taher.
Berita ini akan tetap berlanjut ke edisi mendatang.

Wartawan: Tim media KPK

News Feed