by

Ini Persamaan dan Perbedaan Jiwasraya dengan Asabri

-Hukam-116 views

KoranPemberitaanKorupsi.com | Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mencium adanya kemiripan pelaku korupsi PT Asabri (Persero) dengan PT Asuransi Jiwasraya. Sedangkan Staf Ahli Menteri BUMN Arya Sinulingga mengungkapkan masih ada perbedaan keduanya, yaitu Asabri masih bosa membayar klaim nasabahnya, sedangkan Jiwasraya sudah gagal bayar.

“Modus operandinya sama (dengan Jiwasraya). Akan mungkin ada beberapa orangnya yang sama tapi nantilah, yang penting itu akan dibongkar. Karena itu melukai hati kita semua,” kata Mahfud di Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin, (13/1/2020).

Mahfud bilang, saat ini dia masih fokus mengumpulkan informasi terkait dugaan korupsi di Asabri. Selanjutnya jalur hukum akan ditempuh sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. “Sekarang sedang divalidasi oleh suatu institusi lain, BPK yang minta, karena polanya sama dengan Jiwasraya,” ujarnya.

Pekan ini juga Mahfud berencana memanggil Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Keuangan Sri Mulyani guna membahas hal ini. “Minggu ini, kan masih pada di luar negeri semua itu pak Erick dan sebsgainya. Jadi kita akan panggil dan kemudian akan jalan,” tandasnya.

Sedangkan Arya Sinulingga, mengatakan bahwa persoalan Asabri ini secara operasional tidak bermasalah layaknya PT Asuransi Jiwasraya. Dia menegaskan, Asabri masih bisa membayar klaim kepada nasabah.

“Asabri ini secara operasional tidak ada masalah, kalau ada klaim-klaim dia bisa bayar. Agak berbeda dengan Jiwasraya,” kata Arya di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin, (13/1/2020).

Namun Arya tak menampik keterlibatan dua orang yang sama dalam masalah Asabri dan Jiwasraya. Keduanya adalah Benny Tjokro, Direktur Utama PT Hanson Internasional Tbk, dan Heru Hidayat yang merupakan Presiden Komisaris PT Trada Alam Mineral Tbk.

Arya mengharapkan kedua orang ini bisa melakukan pembayaran agar pembenahan Asabri bisa dilakukan. Meskipun, nilai utang investasi ini belum dikalkulasi secara rinci.

“Kita harapkan mereka akan melakukan pembayaran utang investasi, seperti Pak Benny Tjokro dan Heru Hidayat. Kita harapkan kedua orang ini bisa memenuhi pertanggungjawaban utang-utangnya supaya membantu Asabri dalam pembenahan yang terjadi,” ujarnya.

Terkait Asabri yang juga bermain investasi di pasar modal, dia menegaskan itu memang ada. Berdasarkan laporan yang diterima, Asabri memang berinvestasi pada saham-saham yang tidak bagus.

“Ini memang perlu dibenahi, hanya pembenahan dari Asabri ini berbeda dengan solusi Jiwasraya,” kata dia.

Ringkasnya, ada persamaan maupun perbedaan antara masalah Jiwasraya dan Asabri. Namun, keduanya memang perlu penyelesaian.

News Feed