by

Desa Talang Jali Serah Terima Pekerjaan Termin 40 Persen Terhir

-Daerah-650 views

KPK | Kotabumi – Untuk bisa menjadi desa yang maju dan mandiri dibutuhkan keberanian berubah dan berinovasi. Salah satu desa yang sudah berani berinovasi di Kabupaten Lampung utara (Lampura) adalah Desa Talang jali Kecamatan Kotabumi Utara, (10/1/2020).

Desa Talang jali melakukan inovasi di berbagai aspek kehidupan masyarakatnya, termasuk memperhatikan pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Sejumlah upaya dilakukan untuk peningkatan kualitas hidup, baik dari sisi ekonomi, sosial, kebersihan, dan kesehatan. Realisasinya sebagian besar dilakukan dengan memanfaatkan Dana Desa (DD) tahun 2019.

Kepala Desa Harun Priyanto. “Prinsipnya, Dana Desa di Desa Talang Jali, dikelola untuk membuat sesuatu yang produktif dan positif untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Dari sisi peningkatan Sumber daya manusia (SDM) Desa Talang jali telah melakukan Bimbingan teknis (BIMTEK) pelatihan pakan ternak penganti rumput, Di balik itu, nantinya warga akan dilatih beragam keterampilan, salah satu nya di bidang ternak sapi,kambing dan domba.

Selain itu, ada berbagai Infrastruktur fisik pada tahun 2019 yang telah selesai di bagun 100 persen bersumber anggaran dari Dana Desa yaitu. “Hari ini kegiatan serah terima 40% terakhir, pembangunan Siring pasang/talud, pembangunan jalan telford, pembangunan gorong-gorong, pembangunan kantor desa Talang jali itu fisiknya.

“Yang bukan fisik salah satunya untuk Bimtek pengganti rumput pakan ternak yang mana hari ini akan dilaksanakan hari Jumat mat 10/1/2020 pagi hari ini kisaran pukul 9.00 wib,”

Saya berharap kepada masyarakat khususnya talang jali, Agar dapat menjaga semua pembangunan yang bersumber dari dana desa, karena pembangunan itu memang diperuntukkan untuk masyarakat dan bisa dipergunakan sekaligus menjaga memelihara bersama-sama kita jalin kerukunan antar masyarakat, ujar Harun

Harun menambahkan, Untuk siskampling itu memang suatu program dan gagasan kita mungkin saat ini sedikit agak mengendor dikarenakan sekarang musim tanam karena mayoritas masyarakat desa talang jali adalah petani,

Untuk TK dan PAUD, di desa kita memang sudah berjalan semenjak tahun yang lalu dan itu selalu kita pantau agar dapat menimbulkan anak yang cerdas dan berkualitas untuk masa depan bangsa Indonesia, beber Harun

Persoalan menunjang pendapatan warga desa talang jali pula menjadi perhatian serius oleh pengurus Desa setempat. “Untuk itu, mereka mencanangkan program “penanaman satu rumah satu pohon berbuah” guna mendorong pendapatan tambahan warga setempat, tutup Harun Priyanto (Rama/Hmsah)

News Feed