by

Desa Talang Jali Adakan Bimtek Pakan Ternak

-Daerah-163 views

KPK | Kotabumi – Desa Talang jali, Kecamatan Kotabumi utar, Kabupaten Lampung utara, melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) pelatihan pakan ternak penganti rumput, (10/1/2020).

Adapun asas manpaat dari kegiatan tersebut yaitu untuk ternak sapi, kambing dan domba mempermudah pakan/makanan disaat musim kemarau, dimana mencari rumput segar teramat sulit.

Kegiatan tersebut langsung di mentori dari dinas pertanian kab.Lampung utara Bapak Johan Syahrizal Yang mana di hadiri oleh, Camat Kotabumi utara diwakili, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pendamping Lokal Desa (PLD), serta seluruh kelompok ternak sedesa talang jali, tokoh masakat tokoh agama, dan tidak luput langsung di pimpin oleh kepala desa setempat.

Pak Eko, Salah satu kelompok yang mana bergerak di ternak kambing bisa dikatakan belum sukses, iya menceritakan. “Saya pernah melakuakn permentasi pakan ternak dari daun ubi/singkong yang mana hanya bertahan dua bulan mas,” ujar nya

Maka dari itu kami sangat berterimaksih kepada kepala desa talang jali, yang mana telah mengadakan Bimtek pelatihan pakan tarnak penganti rumput, kami bisa belajar dan memahami cara membuat pakan ternak penganti rumput, jelas Eko.

Hal senada dikatak oleh kelompok sumber kasih, yang mana bergerak di bidang perternakan sapi bagus nya memakai pakan olahan sendri yang terbuat dari konsentrat yaitu tepung ikan asin, dedak, ongok kering, pungkil sawit,pungkil kopra, kapur pertanian, orea, di campur dan di aduk dengan cangkul, hasil nya bisa bertahan hinga 1 sampai 2 bulan, itu pengalaman saya, beber Sunarto

Saat di wawancara usai kegiatan Bimtek Johan Syahrizal mengatakan Jadi, kita ketahui selama ini di saat musim kemarau petani itu sangat kesulitan mencari rumput. Untuk ternak sapi kambing kerbau dan domba jika kemarau nya seperti tahun kemarin 2019 sampai 6 bulan lebih rumput segar itu tidak ada lagi telah mati semua.

“Sehingga petani itu harus bisa membuat pakan ternak jika tidak ada lama-lama ternak itu tidak ada lagi yang bisa dimakan telah habis,” jadi ekonomi petani ekonomi masyarakat diambil dari ternak tidak akan bisa meningkat, jelas nya

Smbung nya, jadi selama ini petani tergantung kepada pakan ternak yang segar yang barusan dapat mengarit. Jika di musim kemarau tidak ada lagi pakan ternak yang langsung dari rumput segar, lalu Jika bisa membuat pakan ternak jadi kesinambungan pakan ternak itu ada terus dan secara otomatis akan meningkat.

“Guna mendorong ekonomi, untuk pengganti pakan rumput itu yang banyak kita dapatkan di desa ini khususnya untuk desa Talang Jali ini kan. Banyak daun singkong menjadi singkong ini yang mana telah dipanen kita ambil daunnya kemudian kita permentasi namanya kita awetkan kita beli dedak kemudian kita simpan di dalam kedap udara ini bisa bertahan sampai 5 bulan jadi keuntungan nya 1 dia awet kedua nilai gizinya lebih tinggi.”

Khususnya di Lampung Utara yang banyak ternak kambing ini adalah di kecamatan Tanjung Raja ini sudah mencapai 40 sampai 50% yang melaksanakan persiapan di musim kemarau, ujar Johan Syahrizal selaku koordinator jabatan fungsional Dinas Pertanian Kabupaten Lampung Utara. (Rama)

News Feed