by

Hardin: Kami Dukung Visi Misi Gubernur

-Daerah-447 views

KPK | Kota Jayapura – Kehadiran organisasi Badan Peniliti Independen – Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran Repoblik Indonesia di Jayapura  provinsi Papua, ternyata memberi harapan tersendiri bagi masyarakat Papua tentunya.

Salah satu wujud kiprahnya lembaga independen yang dibentuk dari pusat ke Papua ini, sesuai nama lembaganya bertujuan untuk meneliti kekayaan penyelenggara negara, termasuk hadir untuk mengawasi pengelolaan anggaran di birokrasi pemerintahan yang ada.

Selain akan mendukung visi-misi Gubernur Papua, yakni; “Bangkit Mandiri dan Sejahtera,” Hardin selaku ketua organisasi yang diakronimkan namanya BPI KPNPA RI mengatakan, pihaknya akan selalu mengawal aspirasi masyarakat Papua, berkenan dengan laporan dan informasi dugaan KKN itu sendiri.

Satu lagi, menurut ketua lembaga independen ini usai menata ulang (renovasi) kantor dan mengisi segala perabotan ATK-nya kemarin (16/11), Hardin yang pada 2016 lalu pernah meraih prestasi “Abdiasa” atas seleksi sopir teladan yang digelar Dirjen Perhubungan Darat-Kementerian Perhubungan ini, menuturkan akan tetap eksis berkiprah sebagai mitra pemerintah dan masyarakat di Papua.

“Hari ini (kemarin, red) kami menata gedung kantor kami dengan segala interiornya. Sebelumnya kantor ini juga sudah dicat ulang dindingnya dan bisa dilihat sendiri. Papan nama kantornya juga sudah kami buat rapih dan sudah terpampang di depan kantor.

Dengan rapih dan terisinya kantor kami ini dengan segala fasilitas yang kami butuhkan, jelas memberi sinyal kuat bahwa kami BPI KPNPA RI Papua akan tetap solid dan eksis di Papua. Saya sebagai ketua dalam menyosialisasikan lembaga kami, sudah melakukan sejumlah audiensi dengan Gubernur Papua, Sekda dan sejumlah perangkat yang ada.

Kami juga selain membangun kemitraan dengan Pemerintah Daerah, tetapi kantor kami selalu terbuka setiap hari dalam menerima aspirasi dan masukan masyarakat. Baik itu berbentuk laporan, informasi dan lain sebagainya. Kami jelas akan selalu eksis untuk mengimplementasikan peran dan fungsi kami pada lembaga BPI KPNPA RI ini.” Ungkap Hardin.

Dia menambahkan, organisasi yang dipimpinnya akan tetap mendukung sepenuhnya visi dan misi Gubernur Provinsi Papua. Orang nomor satu di lembaga resmi berbadan hukum ini mengiyakan akan benar-benar mengawal proses pembangunan dan penggunaan serta pengelolaan anggaran daerah, yang dikelola pemerintah daerah.

Hardin menjelaskan lagi menutup keterangannya, dia dengan semua staf bawahannya akan menggunakan fungsinya sesuai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga terbentuknya lembaga tersebut, untuk memantau serta meneliti kekayaan pejabat negara yang ada di Papua.

“Pertama-tama saya mau kasih tahu bahwa kami akan selalu mendukung program-program dan kebijakan bapak Gubernur kita Lukas Enembe, S. IP, MH itu sendiri. Yang kedua, seperti yang sudah saya sampaikan tadi, kami tetap akan mengawal dan memperjuangkan setiap aspirasi masyarakat yang masuk ke lembaga kami.

Dan yang berikut, yang ketiga, sesuai platform lembaga kami dan sesuai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga kami, kami jelas akan memainkan peran tupoksi kami untuk tampil melakukan pemantauan, penelusuran, pengawasan dan investigasi, terkait kekayaan oknum-oknum penyelenggara negara itu sendiri yang ada di setiap birokrasi di Provinsi Papua.

Bilamana benar terdapat sesuatu yang mencurigakan, yaitu dalam hal nilai harta kekayaan oknum-oknum pejabat negara atau pejabat daerah tertentu, kami akan memainkan peran lembaga kami untuk mendorong atau merekomendir upaya penyelidikan kepada institusi negara yang berwenang. Jika masih dalam kategori bisa dibina, pasti kami membantu pula untuk memberikan pembinaan.

Tidak bisa kita biarkan jika ada temuan, bahwa ada oknum pejabat daerah tertentu yang punya kekayaan melimpah, sedangkan dia tak punya latar belakang usaha atau bisnis misalnya, atau mungkin punya warisan orang tua dan ada perolehan nilai kekayaan karena jual tanah dan lain sebagainya. Wah kalau ada, itu perlu diberi rekomendasi atau laporan ke penegak hukum untuk melakukan upaya hukum, apabila bukti-buktinya yang akurat dan sudah kami katongi.

Jadi dengan hadirnya lembaga kami, kantor kami yang sudah kami tatap.  rapih dan bagus, saya selaku pimpinan lembaga BPI KPNPA RI pastikan akan selalu eksis berkarya bagi tanah Papua. Menutup keterangan saya, saya secara pribadi dan lembaga sangat berterima kasih kepada semua pihak, yang mana sudah ikut memberi perhatian dan membantu kami.

Semoga kita tetap bermitra, untuk mendukung Visi-Misi bapak Gubernur dalam membawa Papua menjadi jauh lebih baik lagi dan sejahtera, terlebih dalam memerangi dan memberantas segala bentuk kejahatan korupsi di atas tanah Papua yang kita cintai bersama ini.” Tutup Hardin optimis {16/12/2019}.{Jeffry, JRW~Kaperwil}.

News Feed