by

Lurah dan Ketua Pokmas Tanjung Seneng Diduga Pungli Program PTSL

-Hukam-623 views

KoranPemberitaanKorupsi.com | Lampung Utara – Sejumlah warga di Desa tanjung seneng Kecamatan kotabumi selatan, Kabupaten Lampung utara, keluhkan besarnya biaya pendaftaran tanah sistematik lengkap(PTSL).

Menurut keterangan warga Di lingkungan (III), yang berinisial (S) mewakili rekannya yang lain menyampaikan bahwa mereka merasa keberatan biaya pembuatan sertifikat PTSL sebesar Rp,-600.000 ribu.

” Kalau di patok harganya segitu kami sangat keberatan. Sebab kami disini mayoritas bekerja sebagai buruh tani dan penghasilan pun hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari hari, ” Jelas dia. Kamis (19/12/2019)

Meski telah di patok dengan biaya Rp. 600.000 ribu rupiah, hal itu terpaksa di ikuti apa yang telah di tetapkan oleh panitia Pokmas dengan menyatakan itu hasil dari musayawarah.

Biaya pendaftaran PTSL, Lanjut dia, Langsung di setorkan kepada salah satu warga, kemudian di setorkan ke ketua Pokmas (didik). ” kami tidak di berikan kwintansi pembayaran tersebut penyelengara panitia hanya memberikan bukti buat pengambilan buku sertifikat saja,” Terang dia.

Hal senada juga dikatan warga yang berinisial (MU) menyatakan bahwa biaya pendaftaran PTSL tidak sesaui dengan yang diharapkan. Sebab, biaya pendaftaran PTSL yang dicanangkan pemerintah tidak susuai dengan yang ada dilapangan.

” Ya pemerintah sudah mencanangkan pendaftaran PTSL cuman Rp 200.000 ribu ripah, tapi di lapangan kok Rp. 600.000 ribu rupiah, ” Tuturnya.

Dirinya berharap agar permasalahan ini, bisa segera diberikan tindakan yang tegas. Program PTSL yang di galakkan pemerintah menjadi permainan oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

Bambang Nofriadi Ketua kelompok masayarakat (Pokmas) panitia penyelengara program PTSL Di kelurahan tanjung seneng saat di konfirmasi awak media membenarkan bahwa biaya pendaftaran PTSL sebesar Rp.600.000 ribu rupiah.

Ia menjelaskan mengenai program PTSL tahun 2019 di Kelurahan Tanjung Seneng, di gelombang pertama kurang lebih ada 417 yang akan di bagikan, pemohon sertifikat yang mana dari hasil keputusan musyawarah di Kelurahan, yang di hadiri Bahbinkamtibmas, Bhabinsa dan perangkat dari kelurahan.

” Kami selaku pihak penyelengara panitia pokmas menetapkan terhadap pemohon pembuatan sertipikat PTSL dengan beban 600.000. Tapi itu tidak semua karena buat pembayaran sertipikat tersebut bervariasi, ” Terangnya.(Hamsah)

News Feed