by

Sungai Cimanuk Dipenuhi Eceng Gondok, Kemana BBWS?

-Daerah-188 views

KoranPemberitaanKorupsi.com | Garut – Sabtu,30/11/2019 sudah hampir dua bulan belakangan ini kondisi sungai cimanuk,tepatnya di daerah cimacan kelurahan sukamenteri,sampai kepusat bendung Daerah irigasi (DI) Leuwigoong Sepanjang lebih kurang 2 s/d 3 kilo meter menjadi lautan eceng gondok.

“terpantau oleh awak media kpk, areal tersebut seluruhnya dipenuhi tumbuhan eceng gondok,hampir tak terlihat adanya air dibawah eceng gondok tersebut.

“Lantas kemana petugas Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung ??.. dan apa yang mereka lakukan ??.. karena hal ini dapat menimbulkan hal – hal buruk yang kemungkinan dapat terjadi.

“Karena volume eceng gondok yang seperti ini,dapat menjadi faktor penghambat lajunya air, seharusnya BBWS bagian Operasional dan Pemeliharaan(OP)segera melakukan normalisasi/membersihkan eceng gondok tersebut.

“Diteksi dini terhadap kemungkinan yang akan terjadi itu jauh lebih baik, dan sudah seharusnya terjadwal dengan baik.

“Banyaknya sungai pindah lokasi, juga harus menjadi perhatian khusus lembaga mitra PUPR tersebut, karena jika sungai tersebut berpindah,otomatis yang dirugikan adalah rakyat, karena tanah miliknya tidak dapat digarap lagi, alasan yang dikemukakan rata – rata menyalahkan alam, padahal jelas didalam Undang – undang Dasar 1945 pasal 33 ayat 3 yang berbunyi bumi dan air dan yang terkandung didalamnya dikuasai negara,sebesar besarnya untuk kemakmuran rakyat.

“Dalam penguasaanya, negara tentu disertai oleh anggaran yang cukup, menjadi pertanyaan memang !!..jika untuk memelihara sesutau yang dianggap hajat hidup orang banyak (Sungai) negara sudah menyertakan anggaran, lantas kenapa pemeliharaan terhadap sungai oleh pihak berwenang(BBWS) ini sangai kecil ??.. sehingga rakyatlah yang sering dirugikan.

“tak sedikit juga kasus tanah timbul yang sebelumnya adalah sungai,sekarang sudah berubah menjadi daratan, diperjual belikan, dan faktanya ini terjadi di kabupaten garut.

“Jika memang BBWS cimanuk cisanggarung ini one the trek dibidangnya, yakni wilayah sungai saja, optimalkan dana operasional dan pemeliharaan itu dengan benar, niscaya hal – hal yang berpotensi melanggar hukum tidak akan terjadi, sehingga sungai – sungai yang ada khususnya garut, dan umumnya dijawa barat dapat terjaga dan terpelihara dengan baik.

(Tim Biro garut)

News Feed