by

Kampung Ringinsari Maksimalkan Penggunaan DD dan ADD Tahun 2019

-Ekonomi-85 views

KPK | Tulang Bawang, Lampung – Tekad dan keinginan Kepala Kampung ringin sari Kecamatan Penawar banjar margo , Kabupaten Tulang Bawang, untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, dan sejahteraan masyarakatnya, benar – benar dibuktikannya.

Setidaknya banyak kegiatan yang dilakukan di kampung itu, yaitu, finishing kantor Kepala Kampung, pembangunan onderlagh di RK 1,RT 2.dengan panjang berkisar 1250 M. RK 4 ,RT 1 RK.5 RT.2

Dan sumur BOOR tiga titik yang terletak di RK,6 RK.7 dan RK 8 Puskes Des di RK 5. Dan pembuatan embung di RK 1 Jelas waluyo kaur umum saat di temui di ruang kerja nya kamis (28/11/19)

Kepada wartawan, kepala Kampung Ringin Sari menjelaskan, bahwa semua kegiatan tersebut (program pembangunan kampung, menggunakan anggaran dari Dana Desa tahun 2019, dan sesuai APBKM Kampung yang disusun bersama oleh Perangkat Desa, warga setempat, Kepala Kampung serta bidang pekerjaan umum dan penataan ruang.

“Supadi selaku Kepala Kampung, langsung turun mengawasi kegiatan tersebut, dan juga meminta warga agar ikut mengawasi kegiatan itu. Dan kalau ada yang kurang pas, sampaikan kepada beliau, biar diperbaiki, dan kita pakai sistem padat karya tunai, guna memberi lapangan kerja bagi warga desa kami,”tambah waluyo kaur umum di kampung itu.

Sementara, supadi menjelaskan, penggunaan keuangan desa tahun 2019, perlu diketahui oleh warga dan ikut mengontrol pengelola keuangan kampung.

“Warga jangan segan-segan untuk mengoreksi dan menegur saya atau perangkat saya yang diduga melakukan penyimpangan dalam hal pengelolaan keuangan, dan termasuk soal pelayanan maupun pemerintahan,” ujar Kepala Kampung, Supadi

Menurutnya, hal itu merupakan bentuk transparansi Pemerintahan Kampung Ringin Sari yang dipimpinnya, dan bentuk tanggung jawab mereka dalam penggunaan uang rakyat.

Dengan begitu, saya harapkan tercipta Pemerintahan Kampung yang bersih dan bebas KKN, katanya.

Cara ini patut menjadi contoh bagi kampung-kampung yang lain. Mengingat masih banyak Kepala Kampung yang sangat merahasiakan rincian pengelolaan keuangan kampung.

Padahal dengan keterbukaan, justru membuat dugaan-dugaan negatif akan hilang, dan Pemerintahan Kampung menjadi tenang, aman dan damai. (tab)

News Feed