by

Kebakaran di Jalan Baru Abepura Hanguskan 7 Los Kios

-Berita-78 views

KPK | Kota Jayapura – Masyarakat sekitar Abepura khususnya yang berada di sekitar jalan baru eks pasar lama, tiba-tiba dikagetkan dengan Mr. Jago Merah yang timbul dan menyebar melahap 7 petak kios atau pun rumah toko (ruko).

Peristiwa dadakan itu muncul dan terjadi, diperkirakan sekitar pukul 18.30 Wit, atau sekitar jam setengah 7 malam kemarin lalu {20/11/2019}. Terpantau di lokasi dan berdasarkan keterangan warga setempat, penyebab kematian masih belum diketahui.

Dijumpai salah seorang pejabat dari instansi Pemadam Kota Jayapura di lokasi tempat kejadian perkara {TKP}, kepala seksi operasional (Kasi. Ops) bernama Yohana Warinussy mengungkapkan, ada 7 unit mobil pemadam kebakaran yang sudah dikerahkan instansi teknisnya.

Selain 7 mobil pemadam dari pemda kota Jayapura, ditambah lagi 2 unit Water Canon yang juga sudah dikerahkan dari Polda Papua untuk ikut membantu proses pemadaman si Jago Merah.

Akhirnya api yang menyebar tersebut baru dapat dipadamkan selama sajam lebih proses pemadamannya, berkat bantuan Pemkot dan juga Kepolisian. Terkait penyebab kebakaran, kasi ops pun belum mengetahuinya.

“Kami belum mendapat info yang jelas tentang penyebab kebakarannya. Tapi di sini kan ada bensin, dan kendala tadi itu terjadi pada Hydrantnya, jadi terpaksa mobil harus ke Entrop.” Ujar Yohana. Hidrant merupakan tempat utama pengambilan air: ket.redaksi.

Di lokasi peristiwa turut hadir orang nomor dua kota Jayapura, Rustam Saru. Wakil walikota kepada kabar daerah pun menyampaikan keterangan yang sama, bahwa soal penyebab kebakaran belum diketahui, karena masih dalam penyelidikan kepolisian.

“Apakah itu karena bensin atau yang lain kami belum tahu, yang penting pertama tugas kita adalah apinya padam dulu,” Terang Rustam.

Sebagai bentuk penanganan awal, pemerintah kota Jayapura akan memperhatikan dahulu langkah kemanusiaan bagi para korban kebakaran.

“Secepatnya kami sediakan tempat untuk korban yang ada dan menampung mereka. Bisa nanti di masjid atau mushollah, atau tenda.” Bilang wakil walikota.

Selain bentuk perhatian dan kepedulian selaku orang tua bagi rakyatnya di kota Jayapura, khususnya yang terdampak bencana kebakaran, wakil walikota juga memberi saran-nasehat dan masukan bagi para penjual BBM eceran, supaya lebih mawas diri lagi.

“Ke depan warga perlu kita tertibkan. Mungkin yang jual bensin pakai Botol bisa beralih ke Pom Mini yang lebih aman, karena ada info juga, ini api membesar dari bensin eceran yang ada.”  Lagi tandasnya.

Mengenai penyebab dan kerugian yang timbul akibat kebakaran, masih dalam proses penyelidikan pihak kepolisian.

Semoga warga yang terkena musibah kebarakan bisa diberi ketabahan hati, juga kekuatan dalam menghadapi musibah yang saat ini dialami. Dan harapannya ke depan, semoga tidak terjadi lagi peristiwa kebakaran di lokasi yang sudah 2 kali terjadi kebakaran itu.

{•Jeffry, R.W~Kaperwil•}

News Feed