by

Lomba Inovasi Memasak DKP Papua Patut Diacungi Jempol

-Daerah-450 views

KPK | Jayapura, Papua – Kegiatan lomba memasak yang di selenggarakan oleh Dinas Perikanan Provinsi Papua, yang berthemakan: “INOVASI MENU MASAKAN BERBAHAN BAKU IKAN,” hari ini berakhir dengan prosesi penyerahan hadiah, kamis kemarin (30/10/19).

Kepala dinas perikanan Provinsi Papua Drs. Fransiscus Xaverius Mote, M.Si, kepada awak media mengatakan bahwa kegiatan lomba memasak tersebut adalah bertujuan untuk meningkatkan inovasi, dan juga untuk membangun kreativitas serta minat para pelajar khususnya di Provinsi Papua.

“Kegiatan dengan thema: “Inovasi Menu Masakan Berbahan Baku Ikan,” adalah jenis kegiatan yang kami buat hampir setiap tahun, dengan melibatkan para Siswa dan Siswi SLTP, SLTA khususnya, tetapi juga tidak menutup kemungkinan bagi pemuda dan pemudi kita yang mau berpartisipasi, untuk ikut berperan serta dalam menyalurkan bakat dan potensi diri yang dimiliki dalam ajang lomba seperti ini.” Tutur kepala dinas.

Lagi dirinya menambahkan; ” Kegiatan ini sangat bermanfaat, di mana sebagai syarat utama adalah para peserta lomba harus memilih sendiri menu ikan apa yang akan di bawa dan dipraktekkan, serta konsep masakannya seperti apa.

Yang jelas menunya harus yang tidak terpikir dan murni dari inisiatif peserta itu sendiri, serta menggunakan bahan dasar ikan.

Saya sampai dibuat kagum oleh para peserta ini, karena semua menu masakan yang mereka buat dan sajikan itu nama – nama menunya saja baru kedengaran, tidak ada di restoran di manapun di dunia ini.

Ada menu masakan Kuah Kuning Teluk Yotefa, ada juga Hamburger Ikan Tuna Ala Widi, ada lagi Paris Ikan Tuna, Keladi Tumbuh isi Abon Ikan, Bakso Udang, Ikan Gulung Petatas dan Kamkeis Ikan Lowan.

Inilah kreativitas dan imajinasi anak-anak kita yang begitu berbakat, dan inilah tujuan kami menyelenggarakan iven lomba memasak ini.

Tujuannya, agar para peserta dapat termotivasi, terobsesi, dan terinspirasi untuk menciptakan ide-ide baru, yang kemudian menyalurkan gagasan itu berdasarkan pengalaman dan ilmu untuk mengatarnya meraih prestasi.

Tetapi juga dengan kreativitas, bakat dan inovasi ini, kedepan akan membawa mereka menggapai mimpi, meskipun hanya dengan memasak,” bilang Mote memberi pujian dan support kepada peserta lomba.

Menutup penyampaiannya, kepala dinas yang murah senyum, ramah dan berwibawa ini berpesan kepada peserta lomba yang berhasil mendapatkan juara, supaya lebih termotivasi menciptakan gagasan-gagasan baru untuk tampil dalam ajang kompetisi yang sama, yang akan dilakukan tahun depan.

“Selain dalam ajang seperti yang biasa diselenggarakan DKP (Dinas Kelautan & Perikanan, red), tapi juga dapat menjadi motivasi positif untuk berkiprah dalam ajang-ajang yang lebih besar lagi nantinya.
   
Juga bagi peserta yang belum sempat mendapatkan juara agar tidak pesimis, karena kegagalan adalah bagian dari perjuangan dan merupakan keberhasilan yang tertunda,” Ungkap Fransiscus mengakhiri untaian katanya memberi penyemangat serta harapan.”

Penulis: Nando, Andi, Michael Editor: Jeffry, R.W {kaperwil}.

News Feed