by

DPRD Garut Sepakati 5 Tuntutan Aliansi Garut Bermartabat

-Daerah-1,139 views

KoranPemberitaanKorupsi.com | Garut – Audiensi yang dimohonkan oleh Aliansi Garut Bermartabat,setelah mangalami penundaan selama lima hari, akhirnya pada hari jumat,1/11/2019 diterima juga.

“Rapat audiensi digelar diruang sidang paripurna DPRD Kabupaten garut, dan dihadiri oleh :

  1. Enan : Wakil Ketua DPRD Kabupaten Garut
  2. Deden Sopian : Ketua Fraksi Golkar
  3. Lulu Gandhi Nan Rajati : Ketua Fraksi Gerindra
  4. Aji Kurnia : Ketua Fraksi PKB
  5. Ayi Suryana : Ketua Fraksi PPP
  6. Jajang Supriyatna : Ketua Fraksi PKS
  7. Taufik Hidayat : Ktua Fraksi PAN

; Sesuai kesepakatan yang dituangkan dalam berita acara pada lima hari kebelakang, kali ini Aliansi garut bermartabat dengan semangat menjelaskan,mengapa pihaknya bersikeras mendorong DPRD Garut agar menggunakan hak interflasi terhadap bupati garut.

“pada rapat kali ini berjalan sangat alot, semua pihak berdiskusi berdasarkan data baik berupa dokumen, maupun data hasil kajian yang dilakukan oleh aliansi garut bermartabat, debatpun tak terhindarkan, namun akhirnya semua anggota yang hadir, menerima dan sepakat untuk melaksanakan 5 point tuntutan aliansi, yang terdiri dari :

  1. Melaksanakan Hak interflasi tentang revitalisasi pasar
  2. Membentuk Pansus Pasar
  3. Menangguhkan pembgunan Pasar cikajang, sebelum persoalan – persoalan pasar wanaraja,pasar samarang,pasar leles selesai.
  4. Mendorong Aparat penegak hukum untuk menegakan keadilan, jika terdapat penyimpangan dan modus/terindikasi jual beli kios.
  5. akan mendesak Pemerintah Kabupaten garut untuk menerbitkan data baru pemilik kios,dan riwayat kepemilikan kios.

“Audiensi berlangsung sampai larut malam, sampai – sampai berita acaranyapun belum sempat ditandatangani, anggota dewanpun keburu pada pulang tanpa alasan, namun pegawai setwan dapat meyakinkan kami, bahwa hari senin semuanya akan beres ditandatangani kata salah satu pegawai setwan.

“Dalam wawancaranya dengan awak media KPK, salah satu juru bicara aliansi garut bermartabat, yang terdiri dari gabungan beberapa LSM digarut, yang bernama Dudi Supriyadi menerangkan, alasan kami mendorong DPRD garut untuk menggunakan salah satu haknya yakni hak interflasi, Karena ini menyangkut salah satu kebijakan bupati, yang jelas – jelas sudah tertuang didalam RPJMD dan RKPD ujar dudi.

“Ditempat yang sama, juru bicara lain yang bernama aceng firda juga menambahkan, yang namanya kebijakan, jelas mempunyai dampak luas terhadap beberapa aspek kehidupan masyarakat garut, terutama kepada masyarakat yang sehari harinya menjalankan aktifitas ekonomi di pasar tambahnya.

“karena masyarakat merasa memiliki wakil yang bernama DPRD, dan diberikan hak oleh konstitusi untuk menyampaikan aspirasi masyarakat, ya kami selaku perwakilan masyarakat yang terhimpun dalam lembaga swadaya masyarakat, juga dilindungi oleh undang – undang, dan turunan peraturan lainya.

“selanjutnya temuan – temuan terkait hal – hal tersebut diatas, kami lakukan kajian terlebih dahulu sacara matang,setelah kajian itu mengecurut, secara bersama -sama aliansi berkesimpulan untuk menyampaikan itu kepada DPRD garut, agar hak interflasi yang dimiliki oleh DPRD dipergunakan, itu baru namanya fungsi pengawasan dijalankan ujar dudi.

; dalam rangka itulah aliansi garut bermartabat mendorong DPRD agar segera memanggil bupati ! ‘ dan mintai keterangan, sekaligus mempertanggungjawabkan kebijakan yang dibuat bupati garut, yang mana kebijakan revitalisasi pasar itu patut untuk diduga berdampak terhadap menurunya pendapatan asli daerah(PAD) garut, dan ini juga jelas berdampak luas terhadap perekonomian masyarakat garut, pungkas dudi .

Pewarta : Tim Biro Garut

News Feed