by

Pencuri 21 Ekor Sapi Dibekuk Jajaran Polsek Bengkunat

-Hukam-625 views

koranpemberitaankorupsi.com | Pesisir barat, lampung – Polisi Amankan Pencuri Sapi di Bengkunat, Pelaku Sudah Curi Sapi hingga 21 Ekor
Kamis, 31 Oktober 2019 14:29. Jajaran anggota Polsek Bengkunat berhasil mengungkap kasus perkara pencurian dengan pemberatan (curat) di wilayah hukum Pesisir Barat.

Polisi juga telah mengamankan pelaku sebanyak 5 orang yang telah mencuri sapi ternak milik korban Sukemi (56) warga Pekon Sukarame dan milik Asep Nurjaya warga Pekon Suka maju Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar).

Kapolsek Bengkunat Iptu Ono Karyono mendampigi Kapolres Lampung Barat AKBP Racmat Tri Hariyadi mengungkapkan, kelima pelaku tersebut masing-masing adalah Ariyanto Sulistiono (56) warga pekon Kartamulia Kecamatan Lubuk Batang Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumsel, Lekah (49) warga Pekon Sukarame Kecamatan Ngaras Kabupaten Pesisir Barat.

Kemudian, Hendriyansah (24) warga Pekon Sukarame Kecamatan Ngaras Kabupaten Pesisir Barat, Jaya Burhan (43) warga Pekon Sukarame, Kecamatan Ngaras Kabupaten Pesisir Barat dan Komarudin (35), warga Pekon Sukarame, Kecamatan Ngaras, Kabupaten Pesisir Barat.

Ono Karyono mengatakan, penangkapan terhadap para pelaku tersebut berdasarkan laporan dari para korban pada Selasa, 24 September 2019.

Ono Karyono menjelaskan, kronologis kejadian terjadi di Pekon Sukarame, Kecamatan Ngaras, Pesisir Barat sekira pukul 03.00 WIB, telah terjadi aksi curat sapi ternak, pelaku mengambil 2 ekor sapi milik korban Sukemi yang di tambang kayu tengah siring.

“Kemudian 4 orang pelaku tersebut menuntun dan menaikkan sapi ke dalam mobil yang telah dikendarai oleh pelaku Ariyanto Sulistiyono. Kemudian sapi tersebut dibawa ke Sumatera Selatan untuk diberikan kepada pelaku inisial GH yang kini masih dalam Daftar Pencarian Orang (DPO),” terang Ono Karyono, Kamis (31/10/2019)

Masih kata Ono Karyono, pada Minggu, 27 Oktober 2019, sekira pukul 00.00 WIB, di Pekon Sukamaju, Kecamatan Ngaras, Pesisir Barat, telah terjadi tindak pidana pencurian dengan pemberatan berupa ternak sapi.

“Pelaku mengambil 3 ekor sapi milik korban Asep Nurjaya, kemudian 2 orang pelaku Jaya Burhan dan Komarudin menuntun sapi sekira 20 KM dengan maksud untuk disembunyikan terlebih dahulu,” jelas Ono Karyono.

Atas kejadian pencurian 3 ekor sapi milik korban Asep Nurjaya, anggota Polsek Bengkunat bersama warga menelusuri jejak kaki 3 ekor sapi yang telah hilang tersebut, sekira 20 KM sapi yang hilang tersebut berada di kebun sawit.

Pencarian dilakukan selama dua hari melakukan pemantauan terhadap sapi tersebut untuk mengetahui siapa pelaku yang telah melakukan perbuatan tersebut.

Pada Rabu 30 Oktober 2019, sekira pukul 01.00 WIB, terlihat 2 orang pelaku yang diketahui identitasnya yakni Jaya Burhan dan Komarudin mendekati sapi dan akan membawa 3 ekor sapi tersebut.

Melihat itu, anggota Polsek yang dipimpin langsung oleh Ono Karyono melakukan penangkapan terhadap 2 orang tersebut yang diketahui bernama Jaya Burhan dan Komarudin.

Kedua pelaku mengakui telah mencuri 3 ekor sapi tersebut atas perintah Ariyanto Sulistiyono. Polisi langsung melakukan penangkapan terhadap Ariyanto Sulistiyono.

Dari pengakuan 3 orang pelaku tersebut, pelaku telah melakukan pencurian sebelumnya sesuai dengan dasar LP /338/IX/2019/Polda Lpg/Res Lambar /Sek Bengkunat tanggal 24 September 2019, yang terjadi pada Selasa 24 September 2019 korban Sukemi dengan 2 ekor sapi.

“Setelah dilakukan pengembangan kembali bahwa pelaku telah melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan (Pencurian ternak Sapi) yang lain sebanyak di 4 TKP lainnya yang berada di wilayah Kecamatan Ngaras dengan hasil seluruhnya mendapatkan 21 ekor sapi,” ucap Ono Karyono.
KPK pesisir barat lampung (Heri/Tim)

News Feed