by

Memotivasi ASN Jadi Pioner Indonesia Timur Terus Diupayakan Pemprov Papua

-Daerah-533 views

KPK | Jayapura, Papua – Kompetensi kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah ini {Papua} dapat menjadi pioner bagi kawasan Indonesia timur.

Staf Ahli Gubernur Provinsi Papua bidang kesejahteraan Sosial dan Sumber Daya Manusia, Annie Rumbiak di Jayapura pada hari selasa (22/10/2019) menyampaikan beberapa hal terkait iven workshop.

Ia mengatakan, pihaknya menggelar workshop coaching dan mentoring bagi widyaswara, pejabat atau administrator dan pengawas pada wilayahnya, sebagai salah satu bentuk peningkatan serta pengembangan kompetensi ASN.

“Pemerintah Provinsi Papua bisa menjadi PILOT PROJECK dalam kebijakan dan Manajemen Sumber Daya Manusia – Aparatur Sipil Negara, yang berdasarkan kualifikasi kompetensi dan berdasarkan UU Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Juga sesuai Peraturan Pemerintah Nomor ll tahun 2017, tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan mempertimbangkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja dalam sistem merit.” Ungkapnya.

Menurut Annie, pihaknya ingin proses pengembangan kompetensi ASN bisa berjalan secara optimal dan berkesinambungan.

Artinya, terkait kegiatan berharga di mana proses yang dilakukan tersebut, yakni; workshop, coaching,  dan pula mentoring itu sendiri, akan menjadi salah satu metode yang sangat bermanfaat bagi proses pengembangan ASN, khususnya di wilayah Bumi Cenderawasi (tanah Papua).

“Papua menjadi Provinsi pertama di wilayah Indonesia paling timur yang menggelar workshop coaching dan mentoring bagi widyaswara, pejabat, atau administrator dan pengawas, dalam satu lingkungan kerja provinsi.” Kata Annie.

Staf ahli Gubernur ini menambahkan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (atau BPSDM) Provinsi Papua, tengah bekerjasama dengan Pusat Pembinaan Pengembangan Kompetensi Jabatan Fungsional ASN LAN RI.

Tujuan kerja sama yang dilakukan,  ialah untuk melaksanakan workshop coaching dan mentoring. Baik dalam konteks organisasi, maupun pelatihan.

Tujuan itu juga dimaksudkan, yaitu untuk memenuhi amanat PP Nomor ll tahun 2017 terkait pemenuhan kebutuhan dan pengembangan kinerja organisasi di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua,” tutur Annie kepada KPK.” {Penulis: Nando, Michael, Andy. Editor: Jeffry, R.W~Kaperwil}

News Feed