by

Kenalkan Islamophobia, Tengku Rusdi jadi Pembicara di Simulasi Sidang PBB

-Ragam-539 views

KPK | Jakarta – Islamophobia saat ini menjadi isu yang dibahas di dunia internasional, sehingga menjadi tema utama dalam Simulasi Sidang PBB. Termasuk Bagi Mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional di Indonesia.

Salah satu pemuda Aceh yang menjadi bagian dari Pemuda OKI (Organisasi Kerjasama negara-negara Islam) Indonesia, Tgk Muhammad Rusydi. DR pun menjadi pemateri pada Short Course Diplomacy Class (Kelas Diplomas simulasi sidang PBB) yang berlagsung di Universitas Nasional. Sabtu 26/10/2019, kemarin red.

Sebagai Sekretaris Deputi, Tengku Rusdi menjelaskan kepada media koran pemberitaan korupsi.com Selasa 29 Oktober 209, menjelaskan bahwa materi yang bertemakan The Impact of Islamophobia in Global Poltics.

“Islamophobia adalah sebuah pemahaman di mana terdapat resistensi terhadap orang atau ajaran islam, resistensi ini bisa jadi oleh orang non muslim maupun muslim di belahan dunia” kata Tengku Rusdi.

Tengku Rusdi menjelaskan sejak fenomena 9/11 yang terjadi di Amerika, Islamophbia makin menjadi-jadi dan sulit untuk dihilangkan dari ingatan karena telah menjadi catatan sejarah Dunia.

Hal yang sangat disayangkan menurut Tengku Rusdi adalah korban akibat Islamophobia ini tidak saja dari non muslim, namun juga non muslim lainnya di banyak negara.

“Islampobhia menjadikan orang muslim juga sebagai korban, kita bisa lihat di Palestina, Myanmar, Amerika, China hingga di Selandia baru. Betapa Islamophobia ini menelan banyak korban muslim yang diasosiasikan sebagai ajaran yang tidak berperadaban, namun di satu sisi malah menerima ketidakberadaban orang lain” ujarnya.

Menururnya Kegiatan Simulasi sidang PBB ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana tatacara bersidang di PBB, mulai dari tatacara makan, mengkritisi, berpidato.

“Bernegosiasi hingga mendapatkan suara terbanyak untuk menentukan resolusi yang akan menjadi ketetapan bagi negara-negara di dunia” lanjut Tengku Rusdi, Mahasiswa asal Aceh.

Istanjoeng

News Feed