by

Bank Indonesia Serahkan Rumah Batik Ciprat Desa Karangpatihan

-Ekonomi-502 views

KPK | Ponorogo – Tekad Bank Indonesia (BI) untuk membantu masyarakat dalam bidang sosial ekonomi terus digelorakan. Hal tersebut salah satunya ditandai dengan Penyerahan Program Sosial Bank Indonesia kepada Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (25/10/2019).

Penyerahan Program Sosial Bank Indonesia kepada Desa Karangpatihan dilakukan oleh Perwakilan BI Jawa Timur,  Difi Ahmad Johansyah mewakili Gubernur BI. Acara juga dihadiri oleh Perwakilan BI Kediri, Nasrullah. Hadir pula Asisten II Pemkab Ponorogo Henry Indra Wardana, Muspika Balong serta Kepala Desa bersama Perangkat Desa dan masyarakat Desa Karangpatihan.

Menurut Difi Ahmad Johansyah, Program Sosial Bank Indonesia atau PSBI merupakan bentuk kepedulian atau empati sosial Bank Indonesia untuk berkontribusi dalam membantu memecahkan masalah sosial ekonomi yang dihadapi masyarakat. “Melalui program sosial, Bank Indonesia juga berupaya meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap pelaksanaan tugas dan pencapaian tujuan Bank Indonesia,” terang  Difi Ahmad Johansyah.

Masih menurut dia, sekarang PSBI memfokuskan pada pemberdayaan berkelanjutan yang mampu meningkatkan nilai-nilai ekonomi, sosial dan lingkungan di masyarakat. “Lebih spesifik, PSBI kini difokuskan pada program pemberdayaan yang bertujuan pada penguatan ekonomi rumah tangga,” terangnya.

Lebih lanjut dia memaparkan, Bank Indonesia meyakini, bahwa sektor rumah tangga berperan penting dalam pilar ekonomi nasional seperti halnya sektor swasta dan pemerintah. “Rumah tangga yang kuat secara ekonomi dan edukasi secara agregat dapat mendukung pencapaian stabilitas ekonomi, khususnya melalui pencapaian inflasi yang rendah dan terkendali,” imbuhnya.

Untuk PSBI di Desa Karangpatihan adalah mendirikan rumah batik. “Syukur Alhamdulilah hari ini kami bisa menyerahkan rumah batik kepada Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Karangpatihan,” ujar Difi Ahmad Johansyah.

Dia mengaku pada tahun 2010 bisa menandatangani langsung bantuan kolam lele. “Saya terharu karena bantuan tahun 2010 berupa kolam lele saya menandatangani Lansing. Dan waktu itu Pak Eko Belum jadi Kepala Desa Karangpatihan. Semoga Desa Karangpatihan makin Cetar,” tambahnya. 

Ke depan BI mendukung Program Ibu Gubernur Jatim,  Khofifah berupa Dewi Cemara yaitu Desa Wisata Cerdas Makmur Sejahtera. “Kami mendorong Desa Karangpatihan menjadi Desa Wisata yang bisa jumlah wisatawan banyak disertai belanja yang banyak, jadi wisatawan kesini juga harus keluar uang dengan membeli kuliner, cinderamata, membeli hasil karya masyarakat Desa Karangpatihan,” harapnya.

Saat ini juga diperlukan kemampuan promosi untuk mengangkat produk unggulan desa. “Insya Allah kita saling sinergi. Kita datangkan Buyer dari Jepang, Jerman, Kanada dan lainnya untuk membeli produk unggulan desa binaan Bank Indonesia,” jelasnya.

Selain itu dia berpesan agar masyarakat menjaga bantuan rumah Batik Ciprat Karangpatihan.  Saat ini, BI juga membangun sumur dalam untuk mencukupi kebutuhan masyarakat Desa Karangpatihan. Pada kesempatan itu juga diserahkan bantuan sembako kepada sejumlah warga disabilitas Desa Karangpatihan.

Sementara itu Nasrullah dari Bank Indonesia Cabang Kediri menyampaikan terimakasih kepada Kades dan masyarakat Desa Karangpatihan. “Desa Karangpatihan dulu merupakan kampung disabilitas, tapi sekarang sudah berkembang pesat,” ungkap Nasrullah.

Hal senada juga disampaikan Henry Indra Wardana yang mewakili Pemkab Ponorogo berterimakasih kepada BI atas bantuan selama ini di Desa Karangpatihan  sejak 2010. “Sekarang Desa Karangpatihan menjadi desa luar biasa. Semoga mampu meningkatkan perekonomian melalui kearifan lokal. Sekarang Kabupaten Ponorogo juga memiliki kampung batik di Tambakbayan,” bebernya.

Melalui bantuan sumur dalam dari BI, Henry berharap pertanian dan perikanan bisa berjalan. “Kami berharap Bank Indonesia selalu membantu pemberdayaan IKM di Kabupaten Ponorogo termasuk pemasaran batik ciprat,” urainya.

Eko Mulyadi mengucapkan terimakasih atas dedikasi Bank Indonesia membantu Desa Karangpatihan selama ini. “Semoga apa yang sudah diberikan Bank Indonesia selama ini selalu bermanfaat bagi masyarakat Desa Karangpatihan,” harap Eko. (MUH NURCHOLIS)

News Feed