by

Gapura Ambruk, Kades Sabuk Empat: Belum Diketahui Penyebab Pastinya

-Daerah-671 views

KoranPemberitaanKorupsi.com | Lampung Utara – Bangunan Gapura Desa Sabuk empat, Kecamatan Abung Kunang, Kabupaten Lampung Utara, ambruk. Hingga berita ini dirilis, belum diketahui secara pasti penyebab ambruknya gapura desa dimaksud.

Menurut keterangan Kepala Desa Sabuk empat, Nandang, membenarkan robohnya bangunan gapura tersebut dan pihaknya masih mendalami penyebab pasti peristiwa tersebut.

“Ya, memang benar bangunan itu ambruk. Untuk penyebab pastinya sedang kami pelajari lebih jauh,” kata Nandang, saat dikonfirmasi, Sabtu, (5/10/2019), melalui komunikasi via ponselnya.

Dirinya mengatakan, secara teknis pihaknya tidak bisa memastikan penyebab yang membuat cor tiang penyangga gapura tersebut hingga ambruk. “Sementara, untuk coran tiang penyangganya sudah satu bulan lebih baru dibuka,” katanya.

Dijelaskan lebih lanjut, pembangunan gapura Desa Sabukempat dianggarkan melalui Dana Desa (DD) tahun anggaran 2019 termin III.

“Tapi, karena DD 2019 termin III belum dapat dicairkan, maka dari hasil kesepakatan dengan tokoh masyarakat pembangunan gapura desa dilaksanakan dengan menggunakan dana talangan,” ujar Nandang.

Dengan adanya kejadian itu, jelasnya, konsekuensinya menjadi tanggung jawab pribadi dirinya selaku kepala desa setempat.

“Karena anggarannya belum dicairkan, maka robohnya bangunan itu menjadi kerugian saya secara pribadi. Anggaran yang semula direncanakan melalui DD 2019 termin III untuk bangunan tersebut tetap utuh dan akan dibangunkan dalam bentuk infrastruktur lainnya,” jelas Nandang.

Ditambahkannya, untuk jenis bangunan yang akan dikerjakan sebagai pengganti gapura desa yang ambruk tersebut akan melalui musyawarah desa terlebih dahulu.

“Untuk bangunan penggantinya, kami akan melakukan musyawarah desa terlebih dahulu,” terang Nandang. (Hamsah)

News Feed