by

Kegiatan DPMK Keerom “Bursa Inovasi Kampung” Berjalan Sesuai Rencana

-Daerah-617 views

KPK | Yowong, Keerom – Kegiatan yang diprakarsai oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) kabupaten Keerom yang berthemakan : ‘BURSA INOVASI KAMPUNG’, yang diselenggarakan di Kampung Yowong pada hari kamis 03/10/19, akhirnya berjalan sesuai rencana.

Menurut keterangan kepala dinas Triwarno Purnomo S, STP, maksud pelaksanaan ‘Bursa Inovasi Kampung’, yakni untuk menjembatani kebutuhan pemerintah kampung akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau altenatif kegiatan pembangunan kampung dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.

Sedangkan kegiatan-kegiatan yang akan dipamerkan dalam bursa inovasi kampung sendiri, adalah kegiatan-kegiatan yang bernilai inovatif dalam pembangunan kampung, yang bukan dalam bentuk barang tetapi dalam bentuk ide-ide kreatif, yang lahir dan berkembang di kampung – kampung.

“Tujuan dari kegiatan bursa inovasi kampung yang diselenggarakan di hari ini, antara lain sebagai berikut;
Mendiseminasikan informasi pokok terkait Program Inovasi Kampung  secara umum, serta Program Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi secara khusus.

Memperkenalkan inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di kampung – kampung, yaitu dalam menyelesaikan masalah dan menjalankan kegiatan pembangunan.

Membagi kegiatan inovasi yang telah didokumentasikan dalam bentuk video maupun tulisan, dan menjaring inovasi yang belum terdokumentasi.
Namun, disadari bahwa kapasitas Kampung dalam menyelenggarakan pembangunan dalam perspektif “Kampung Membangun”, masih terbatas.

Keterbatasan itu tampak dalam kapasitas aparat Pemerintah Kampung dan masyarakat, kualitas Tata Kelola Kampung, maupun sistem pendukung yang terwujud melalui regulasi dan kebijakan Pemerintah yang terkait dengan Kampung tersebut.” Tutur Kadis.

Lagi tambah kadis. “Sebagai dampaknya, kualitas perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pemanfaatan kegiatan pembangunan Kampung kurang optimal dan kurang memberikan dampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Kampung.

Pembangunan kampung lebih terfokus pada kegiatan infrastruktur seperti pembuatan pembangunan gedung, dll. Sedangkan, kegiatan-kegiatan yang bersifat pemberdayaan masyarakat, porsinya dalam  APBK/desa masih sangat minim.

Oleh karena itu, Program Bursa Inovasi Kampung ini sangat  perlu di lakukan berkesinambungan untuk memberikan pemahaman tentang tata pengelolahan dan pemanfaatan sumber-sumber yang ada guna mencapai kwalitas pelayanan dan tingkat kepuasan maksimal bagi semua masyarakat kampung.” Bilang Triwarno.”

Kegitan yang berlangsung satu hari ini, secara resmi dibuka sendiri oleh Bapak Bupati Muhammad Markum SH, MH, MM. Kegiatan ini benar-benar sangat bermanfaat bagi pemerintahan kampung khususnya, dan masyarakat pada umumnya.

Pada kesempatan yang sama, bupati dalam sambutannya menyampaikan betapa pentingnya kegiatan di hari ini (kemarin, 03/10), yang mengambil thema: “BURSA INOVASI KAMPUNG”.

Kegiatan ini dipandang sangat perlu,  karena berkaitan dengan laju dan melambatnya setiap kebutuhan dan tuntutan yang mengharuskan kita lebih siap, lebih mapan, lebih profesional, dalam melaksanakan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya, dengan mengedepankan kwalitas dan kepuasan serta memantapkan prilaku kepemimpinan yang berdasar pada pendekatan dan kebutuhan masyarakat.” Ujar Bupati kepada wartawan.

{Penulis: Nando, Editor: Jeffry, RW~Kaperwil Papua}

News Feed