by

Pemkot Kotamobagu dan Pemkab Boltim Bahas Pembangunan Ringroad

-Daerah-782 views

KPK | Kotamobagu – Pembahasan lanjutan pembangunan Ringroad Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu dengan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongow Timur (Boltim) berlangsung di ruang kerja Wakil Wali Kota, Pemkot Kotamobagu.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Pemkot Kotamobagu, Imran Amon, mengungkapkan bahwa tahapan perencanaan pembangunan ring road sudah pada tahap persiapan pendataan lahan yang akan dilintasi proyek jalan tersebut. Oleh karena itu, yang tentunya akan mekewati daerah pemukiman yang termasuk dalam wilayah pemerintahan Boltim, maka pihaknya menggelar pertemuan bersama Pemkab Boltim, mengingat ring road yang akan dibangun melintas di sebagian wilayah daerah tersebut.

“Kita data terlebih dahulu lahan yang akan dilewati kemudian diukur setiap bidangnya. dan tentunya akan ditindaklanjuti ke BPN (Badan Pertanahan Nasional),” ungkap Imran.

Kadis dalam paparannya, setelah pendataan dan pengukuran lahan akan diketahui siapa pemilik lahan untuk proses ganti rugi nanti. “Untuk ganti ruginya melalui APBN, karena ring road itu melewati lebih dari satu kabupaten dan satu kota. Ketentuannya demikian,” tambah Imran.

Ring road yang direncanakan dibangun sepanjang 36 kilo meter akan melintasi wilayah Kota Kotamobagu dan sebagian wilayah Boltim dan Bolmong.

Untuk Kota Kotamobagu panjangnya diperkirakan 15.100 meter dan akan melintas pada 367 bidang tanah, yang terbagi di Kabupaten Boltim 7000 meter dengan 273 bidang tanah, dan Kabupaten Bolmong 11.852 meter yang terlintas pada 247 bidang tanah.

“Mari kita sama-sama doakan agar perencanaan Ring Road ini berjalan tanpa kendala”. tutup Imran. (Reynold ST)

News Feed