by

Nelayan Aceh Dikabarkan Tewas di Penjara Myanmar

-Berita-548 views

KPK | Aceh Timur – Seorang Nelayan asal Aceh Timur, Aceh,  Zulfadli yang ditahan Departemen Perikanan Myanmar di distrik Kawthoung, Myanmar, Rabu,  2/10/2019 di kabarkan meniggal dunia didalam Penjara.

Informasi ini dibenarkan Sekretaris Panglima Laot Lhok Idi, Sulaiman AB dan Bendahara H Saini.  Menurut keduanya,  informasi atas kematian Alm Zulfadli diterimanya dari Dinas Sosial Provinsi Aceh Rabu siang 2/10/2019 tadi.

Dikatakan,  Infirmasi tersebut telah diteruskan ke pihak keluarganya, namun pihak keluarga harus menunggu waktu sekitar lima hari untuk kedatangan jenazah. Sejauh ini belum diketahui pasti penyebab kematiannya. 

Seperti diketahui, Alm Zulfadli ditangkap bersama 22 Nelayan asal Aceh Timur, Aceh lainnya oleh Tentara Angkatan Laut Myanmar pada 6 Februari 2019 lalu. Mereka ditangkap di Wilayah Laut Myanmar dekat Pulau Zardatgyi di Kotapraja Kawthoung, Wilayah Taninthayi.

Namun 22 Nelayan (ABK)  akhirnya berhasil dipulangkan oleh Pemerintah Aceh pada april 2019 lalu setelah dilakukan negoisasi dengan Pemerintah Myanmar.  Sedangkan Alm Zulfadli yang bertindak sebagai nakhoda kapal tetap ditahan untuk menjalani persidangan.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Aceh, Bani mengatakan,  pihaknya sedang membuat pengurusan dengan pihak KBRI di Myanmar untuk mempercepat proses pemulangan Jenazah. 

Untuk keterangan lain Bani mengarahkan awak media mengkonfirmasi bawahannya,  Ibu Oya.  Namun yang bersangkutan terkesan menutupi informasi tersebut. Oya tidak mengangkat Hanphone dan tidak menjawab pesan Whatchap dari media ini. (ismail abda)

News Feed