by

Mantan Kombatan GAM Gandeng KNPI dan PESAWAT Buka Lahan Pertanian

-Ekonomi-402 views

KPK | Aceh Timur – Mantan Kombatan GAM Aceh Timur bekerja sama dengan Komite Pemuda Nasional Indonesia (KNPI) dan Persatuan Wartawan Aceh Timur (PESAWAT) berencana membuka lahan pertanian.

Rencana dan gagasan tersebut dilontarkan mantan kombatan GAM Safrijal alias Komeng didampingi Samsuri alias Tgk Meulaboh dalam pertemuan dengan Pengurus PESAWAT dan KNPI, Selasa, 30/9/2019.

Menurut Safrijal, gagasan pembukaan lahan pertanian ini bertujuan untuk peningkatan ekonomi masyarakat dan para mantan kombatan GAM yang mau bergabung.

Selain itu, program pertanian ini juga bertujuan untuk meminimalisir penyalahgunaan narkoba dan kriminalitas akibat ketiadaan lapangan kerja baik bagi mantan kombatan maupun masyarakat biasa.

” Tahap awal kita akan manfaatkan lahan kosong seluas 100 hektare, kalau menghasilkan, kita perluas lagi “. Ujar Safrijal

Ditambahkan, untuk tahab awal, program pertanian ini dicoba dengan menanam tanaman muda seperti ubi, jagung, pisang yang disisp dengan tanaman tua seperti kelapa dan jengkol.

Mengenai langkah kerja dan sistem yang diterapkan dalam pengololaan lahan tersebut akan diatur nantinya sesuai kesepakatan bersama.

Begitu juga mengenai modah kerja, sejauh ini belum bisa dijelaskan sember dana atau donatur untuk pelaksanaan program pertanian tersebut.

” Kita belum bicara modal dan teknis kerja, ini masih gagasan atau perencanaan, mungkin dalam pertemuan berikutnya akan kita bicarakan masalah dana dan teknis kerja “. Papar Safrijal

Gagasan dan ide mantan Kombatan ini disambut baik oleh Ketua Pembina PESAWAT Ismail Abda didampingi Ketua Umum Seni Hendri, keduanya siap memberikan dukungan demi terlaksananya program tersebut.

Untuk itu Ismail Abda juga berharap agar semua pihak turut mendukungnya, baik Pemerintah maupun pihak swasta yang bergerak di bidang Pertanian.

” Ini ide atau gagasan yang patut diapresiasikan, dan saya yakin akan membuahkan hasil bila dilaksanakan dengan serius “. Kata Ismail Abda.

Ketua KNPI Aceh Timur, Yusnil Amri juga mengatakan hal yang sama, yakni siap memberikan dukungan untuk terlaksananya program pertanian ini. (ismail abda)

News Feed