by

Agenda Unjuk Rasa 2 Hari, Kapolres Optimis Kota Pahlawan Kondusif

-Hukam-435 views

KPK | Surabaya – Hari ini, Rabu (25/9/2019) dan besok, Kamis (26/9/2019) akan ada aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD Jawa Timur, Jalan Indrapura, Surabaya.

Kombes Pol Sandi Nugroho Kapolrestabes Surabaya optimistis Kota Pahlawan tetap aman dan kondusif.

“Kami berterima kasih kepada masyarakat dan mahasiswa karena selalu memiliki kesadaran menjaga Surabaya tetap aman dan kondusif,” ujarnya kepada awak media, Rabu pagi.

Peserta aksi unjuk rasa hari ini adalah mahasiswa. Mereka akan berkumpul di Tugu Pahlawan dan kampus masing-masing mulai pukul 10.00 WIB. Mereka akan menyuarakan tuntutan atas RUU KPK dan RKUHP.

Dia berharap aksi unjuk rasa mahasiswa hari ini mengusung isu yang berasal dari mereka sendiri, millenial, bukan titipan.

Jangan sampai, emosi masyarakat dan peserta aksi terpancing hanya karena meme-meme di media sosial, tanpa pemahaman atas isu yang disuarakan. Sebenarnya, selain aksi unjuk rasa di jalan, kata Sandi, ada cara lain yang bisa ditempuh masyarakat untuk menyuarakan aspirasinya. Misalnya melalui kajian, seminar, atau teaterikal.

Terkait penolakan terhadap revisi UU KPK yang baru disahkan, ada sarana hukum yang bisa ditempuh, salah satunya melalui uji materi ke Mahkamah Konstitusi.

Sementara, terkait aksi unjuk rasa besok di Surabaya, Sandi menjelaskan bahwa peserta aksi berasal dari elemen mahasiswa dan buruh. “Aksi buruh berbeda dengan mahasiswa. Buruh ada agenda lainnya, tapi kami belum menerima pemberitahuan tertulis. Hanya pemberitahuan lisan,” ucapnya.
( Redho Fitriyadi )

News Feed